Dalam Sejarah, Baru Kali Ini Ketua DPRD Diadukan Koleganya ke BK

Daerah  RABU, 09 FEBRUARI 2022 | 16:49 WIB | Aldi Rinaldi

Dalam Sejarah, Baru Kali Ini Ketua DPRD Diadukan Koleganya ke BK

moeslimchoice

Moeslimchoice. Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, dirinya adalah satu-satunya Ketua DPPR dalam sejarah Indonesia diadukan koleganya ke Badan Kehormatan (BK).

"Saya disini sebagai pimpinan pak, saya mau nangis sebagai pimpinan, sedih saya, baru pertama kali didewan pimpinan rakyat daerah ini DPRD ini se Indonesia pak ada ketua DPRD di BK kan, dilaporkan," ujar Prasetyo dalam keterangannya di depan BK dalam sidang terbuka, Rabu (8/1).

Pras biasa disapa menyampaikan dan meminta kepada teman-teman anggota dewan untuk berdewasa dalam berparlemen. Sebab, diskusi dan debat dalam Badan Musyawarah (Bamus) adalah satu hal yang biasa.

"Berteman ya berteman pak namanya diskusi Bamus, debat itu biasa. Jadi kaya kita ini ketemu musuhan ini dimana kedewasaan kita dalam berparlemen," jelas Pras.

Kendati demikian, dalam pemanggilannya itu Pras menyinggung kepada 7 fraksi yang melakukan pertemuan di luar DPRD (restoran). Sebab, kata dia, wakil rakyat dipilih oleh rakyat jika membahas masalah DPRD di luar parlemen itu adalah suatu yang tidak layak.

"Tiba-tiba ada lagi datang ke restoran disana, ini tempat dewan yg terhormat bpk minta kepada rakyat untuk dipilih menjadi wakil rakyat tapi ngomongnya di restoran tapi membahas maslah DPRD. Itukan gak layak pak," tegas Pras dalam dalam pemenggilannya itu di depan Ketua BK dan Anggota BK.

Seperti diketahui, pemanggilan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi ke BK atas dugaan pelanggaran kode etik dan tata tertib (tatib) dalam pelaksanaan rapat paripurna interpelasi Formula E pada 28 September 2021 lalu. [rhd]


Komentar Pembaca