Alhamdulillah..Indonesia Punya Global Halalhub

Ekonomi Syariah  MINGGU, 30 JANUARI 2022 | 10:30 WIB

Alhamdulillah..Indonesia Punya Global Halalhub

Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Aminen mengatakan, Glonal Halalhub dapat membangun brand halal Indonesia yang diakui dunia. Dengan demikian, Indonesia tidak lagu jadi konsumen melainkan menjadi produsen produk-produk halal dunia.

“Saya berharap hadirnya eksistem halal hub ini menjadi awalan yang baik untuk mensinergikan berbagai pihak dan membawa semakin banyak produk halal UMKM Indonesia ke pasar global,” tutur Kiai Ma’ruf pada Pencanangan Global Halal Hub Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Syariah, Kamis lalu.

Menurut Wapres, kehadiran Halal Hub ini akan menjadikan masyarakat Indonesia bukan hanya menjadi konsumen tetapi juga produsen produk-produk halal.

“Kita tidak ingin masyarakat indonesia sekadar menjadi konsumen tetapi menjadi produsen yang turut menikmati buah dari perkembangan ekonomi digital,” katanya.

UMKM memiliki sumbangsih besar terhadap ekonomi nasional. Untuk itu, Pemerintah Indonesia terus mendorong agar UMKM berbasis halal agar terus berkembang menjadi lebih baik.

Dikatakan Wapres, UMKM memiliki kontribusi kepada PDB sekitar 60 persen yakni Rp 9.580 triliun. Kemampuan UMKM menyerap tenaga kerja mencapai 96,9 persen serta mampu menghimpun 50,4 persen dari total investasi.

“Pemerintah melalui Komite Nasional Keuangan Syariah atau KNKS terus mendorong peningkatan kinerja ekspor produk halal, antara lain dengan pengembangan infrastruktur industri halal, percepatan standardisasi halal secara komperhensif, peningkatan kontribusi industri halal terhadap neraca perdagangan nasional di sektor sektor unggulan,” tegas Kiai Ma’ruf.

Menurut mantan Ketua Umum MUI ini, ekonomi digital Indonesia diprediksi akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara pada 2025.

Senada dengan Kyai Ma’ruf, Staf Khusus Wakil Presiden Lukmanul Hakim berharap dengan Global Halalhub dapat mengangkat UMKM yang berawal dari kecil menjadi menengah dan yang menengah akan menjadi besar.

“Saya kira cita cita indonesia menjadi pusat halal dunia akan mudah terwujud,” tutup Lukman dalam wawancara.[ros]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05