Koperasi BBDM Bangkalis Akhirnya Menang Gugatan Sengketa Lahan

POLKAM  JUMAT, 28 JANUARI 2022 | 16:30 WIB | Aldi Rinaldi

Koperasi BBDM Bangkalis Akhirnya Menang Gugatan Sengketa Lahan

Net

Penyelesaian konflik kepengurusan Koperasi Bukit Batu Darul Makmur (BBDM) Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis mendapatkan titik terang yang berlabuh pada keadilan. 

Pasalnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah meemberi jawaban yang membuat rasa keadilan bagi masyarakat Bangkalis. 

"Alahamdulillah kita menang dalam gugatan tersebut dan sekaligus eksekusinya oleh dinas tersebut yang mengeluarkan surat kemudian mencabut lagi," kata Ketua Ketua Koperasi BBDM, Suwitno Pranolo kepada awak media, Jumat (28/1). 

Suwitno mengatakan, tidak ada pengurusan lain yang sah selain pengurusan nasional. 

"Sesuai dengan hasil notulen rapat yang kami dapati bahwa adil memandang dalam persoalan ini," ujarnya. 

Suwitno menjelaskan, bahwa pihaknya menuntut perusahaan kerana tidak memenuhi kewajiban dalam menyerahkan lahan yang seharusnya diperuntukan untuk masyarakat. Sebab, masyarakat disana, kata dia, merasa di kelabui. 

"Perusahaan mencoba mengelabui kita semua masyarakat semua dengan cara bermitra dengan orang yg bukan pengurus yang sah atau pengurus yg legal," ucapnya. 

Sementara itu, Kuasa Hukum, Alfon Kurnia Palma menegaskan, bahwa PT. SDA (Surya Dumai Agrindo) wajib memberikan hak lahan kepada masyakrat Bangkalis seluas 1.600 hektar dari 6.800 hektar luas lahan yang dimilikinya. 

"Perusahaan ini berkewajiban untuk memberikan konpensasi keuntungan dari hasil yang udah mereka dapatkan selama ini," kata Alfon. 

Diketahui, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah meminta kepada perusahaan untuk sepakat dan menghormati apa yang telah diputuskan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) demgan nomor 217/B/2020/PT.TUN.MDN. 

Tak hanya itu, Kemendagri juga meminta Pemerintah Kabupaten Bangkalis memfasilitasi proses penyerahan kebun plasma kepada koperasi BBDM dalam rangka pelaksanaan penanganan sengketa pertanahan sebagaimana amanat UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. 

Sebagai Informasi, pihak Suwitno Pranolo memasukkan gugatan perdata ke PTUN Pekanbaru terkait surat surat nomor 518 /DISKOP-UKM/2020/18 tanggal 20 Januari 2020, terkait penyelesaian konflik kepengurusan Koperasi BBDM Kecamatan Bukit Batu yang dibuat oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Bengkalis yang sewaktu itu dijabat Herman sebagai kepala dinas. 

Surat tersebut ditujukan ke Menteri Negara Koperasi dan UKM RI dimana dalam surat tersebut ada empat poin diantara, Pemkab Bengkalis melalui Dinas Koperasi dan UKM tidak akan mencampuri urusan internal koperasi BBDM, tetapi berupaya melakukan tindakan korektif dan melakukan pembinaan. 

Poin selanjutnya, Pemkab Bengkalis menegaskan agar Koperasi BBDM Bukit Batu dapat menjalankan seluruh aktifitasnya di bawah kepemimpinan H Ismail. Selanjutnya Suwitno Pranolo agar dapat menerima dan mendukung Koperasi BBDM Bukit Batu di bawah kepemimpinan  H Ismail dan poin terakhir pihak-pihak yang tidak sependapat dapat melakukan langkah-langkah sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. [Irm]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05