Asyik, Palembang Segera Miliki Pasar Ekonomi Kreatif-Pasar Terapung

Ekonomi  RABU, 26 JANUARI 2022 | 18:30 WIB

Asyik, Palembang Segera Miliki Pasar Ekonomi Kreatif-Pasar Terapung

Ide brilian Wali Kota Palembang H Harnojoyo. Ia mengubah Pasar Tradisional Sekanak menjadi Pasar Ekonomi Kreatif Darussalam.

Rencana itu terungkap saat  rapat pembangunan Pasar Sekanak dan Pasar Terapung di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Rabu (26/1/2022).

Wali Kota mengatakan,  dengan direalisasikan serta disetujuinya konsep pembangunan dua pasar tersebut,  tak lain tujuannya untuk memperkuat ekonomi kerakyatan dengan program membangun dan merevitalisasi pasar rakyat.

"Konsep pembangunan Pasar Terapung Darussalam dan Pasar Ekonomi Kreatif Darussalam yang sekarang Pasar Sekanak sudah sesuai keinginan kita," katanya seperti dilansir infosumsel.ID.

Dipilih Pasar Sekanak menjadi Pasar Ekonomi Kreatif lantaran kondisinya tengah terjadi penurunan. Terjadi degredasi dari aktivitas jual beli dalam kurung beberapa tahun terakhir di Pasar Sekanak.

Nantinya, kata Wali Kota,  Pasar Sekanak ini terintegrasi dengan Sungai Sekanak Lambidaro dan terhubung dengan Benteng Kuto Besak atau BKB Palembang.

" Tentunya ini menjadi kawasan perekonomian baru yang akan menghidupkan perekonomian kita, terlebih konsep pembangunannya akan lebih menarik, karena akan ada 17 sektor didalammnya," jelasnya.

Menariknya, Pasar Ekonomi Kreatif ini, tidak hanya akan ada aktivitas jual beli pedagang saja, melainkan berdiri beberapa tenant besar dan kecil termasuk ruang santai pengunjung yang langsung menghadap sungai.

"Termasuk pelaku ekonomi seni, budaya, tak kalah pentingnya souvenir kuliner semuanya ada di sana," tegasnya.

Pembangunan Pasar Ekonomi Kreatif Darussalam (Pasar Sekanak) , katanya secara detail perhitungan biaya pembangunan diatas lahan seluas 8.300 meter persegi diperuntukan 250 los ini, belum bisa dirincikan.

"Saat ini Pasar Sekanak mengalami degredasi, hanya 20 pedagang saja yang masih melakukan aktivitas perdagangan, artinya mengalami penurunan yang sangat besar," jelasnya.

Direncanakan dengan konsep pembangunan Pasar Ekonomi Kreatif Darussalam ini, Pasar Sekanak ini,akan dilakukan pembongkaran secara menyeluruh hanya dua bangunan yang memiliki sejarah kolonial Belanda akan tetap dipertahankan, yang telah diteliti kontruksi pembangunan yang masih sangat kuat yakni bangunan lelang ikan dan gudang.

"Fungsi ekonomi berkembang ini mengantikan pasar Sekanak yang sekarang ini mengalami degredasi," tegasnya.[ros]


Komentar Pembaca