Status Kasusnya Naik, YouTuber Edy Mulyadi Mulai Digarap

POLKAM  RABU, 26 JANUARI 2022 | 17:50 WIB

Status Kasusnya Naik, YouTuber Edy Mulyadi Mulai Digarap

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahamad Ramdhan mengatakan, penyidik telah meningkatkan perkara dugaan ujaran kebencian yang dilakukan oleh Edy Mulyadi dari penyelidikan ke penyidikan.

"Pemanggilan kepada saudara EM sebagai saksi serta beberapa orang lainnya untuk hadir pada hari Jumat, 28 Januari 2022 mendatang," kata Ramdhan kepada awak media, Rabu (26/1/2022).

Ramadhan juga mengatakan, bahwa penyidik Bareskrim Polri telah mengirimkan dua tim ke Polda Kalimantan Timur dan Polda Jawa Tengah untuk melakukan pemeriksaan saksi-saksi di wilayah tersebut.

"Termasuk pemeriksaan terhadap saksi-saksi yang berada di Jakarta. Selanjutnya penyidik juga akan melakukan pemeriksaan terhadap barang bukti yang telah disita ke laboratorium forensik," ucapnya.

Menurut Ramadhan, peningkatan status hukum dilakukan setelah penyidik memeriksa 15 saksi dan lima ahli, serta laporan dari Polda Kalimantan Timur dan Polda Sulawesi Utara.

"Kemudian penyidik setelah melakukan gelar perkara, menyimpulkan status dari penyelidikan menjadi penyidikan," ucapnya.

Setelah status kasus tersebut menjadi penyidikan, kemudian penyidik telah mengirimkan surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Agung.

Sebelumnya, Polri memproses laporan terkait dengan pencemaran nama baik yang terjadi di Samarinda, Kalimantan Timur, oleh Youtuber Edy Mulyadi.[ros]


Komentar Pembaca