Dirlantas Polda Metro Jaya Bantah Fasilitasi Pelat Mobil Arteria Dahlan

Nasional  SABTU, 22 JANUARI 2022 | 22:40 WIB

Dirlantas Polda Metro Jaya Bantah Fasilitasi Pelat Mobil Arteria Dahlan

Net

Wakil Ketua DPR Bidang Politik dan Keamanan Lodewijk Paulus menduga nomor polisi (nopol) mobil anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan, yang berpelat dinas Polri difasilitasi oleh Ditlantas. 

Namun anggapan itu dibantah oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.
"Ini nggak benar, Ditlantas tidak pernah mengeluarkan nomer dinas," kata Sambodo kepada wartawan, Sabtu (22/1/2022).

Sambodo mengatakan pihaknya tidak melakukan registrasi dan identifikasi untuk kendaraan dinas. Menurutnya, registrasi dan identifikasi itu dilakukan hanya untuk kendaraan pribadi dan kendaraan umum.

"Ditlantas melakukan registrasi dan identifikasi hanya untuk kendaraan pribadi dan kendaraan umum, bukan kendaraan dinas," ucapnya.

Untuk diketahui, pelat nomor kendaraan organik kepolisian yang terpasang di kelima mobil Arteria bernomor 4196-07. Polri mengatakan pelat nomor kendaraan organik 4196-07 tercatat untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar.

Dalam data Slog Polri, pelat nomor tersebut memang untuk Arteria Dahlan. Artinya pelat nomor organik kepolisian itu hanya untuk satu mobil.

"Berdasarkan hasil pendataan di Bag Invent Biro Pal Slog Polri untuk No. Pol 4196-07 diperuntukkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dengan atas nama pemilik H.Arteri Dahlan, S.T., S.H., M.H/ DPR RI," terang Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan saat dihubungi detikcom, Rabu (19/1).

Kompolnas berbicara mengenai anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP, Arteria Dahlan, yang memiliki pelat dinas Polri. Kompolnas menyebut Arteria Dahlan bisa saja memiliki pelat dinas polisi dengan pertimbangan pejabat Polri.

"Atas pertimbangan pejabat Polri sesuai perkap tersebut," ujar komisioner Kompolnas Irjen (Purn) Pudji Hartanto saat dimintai konfirmasi, Jumat (21/1). Pudji menjawab pertanyaan apakah anggota DPR seperti Arteria Dahlan bisa memiliki pelat Polri selama dia mengajukan.

Perkap yang Pudji maksud adalah Perkap Nomor 9 Tahun 2019 tentang Penerbitan STNK dan TNKB Dinas Polri. Perkap diteken oleh Kapolri Jenderal Idham Azis pada 5 Desember 2019.

Mantan Kakorlantas ini mengatakan pelat dinas polisi dikeluarkan oleh Slog Polri. Pudji menjelaskan pejabat tertentu bisa mengajukan pelat dinas polisi secara resmi kepada Polri. Nantinya pengajuan itu akan diproses oleh Slog Polri.

"Untuk pejabat tertentu, prosesnya pengajuan resmi dari instansi (lembaga pemerintah sesuai prosedur serta permohonan resmi oleh pejabat setingkat eselon 1 dan diproses oleh Slog Polri) dengan prosedur melampirkan STNK, BPKB, dan cek fisik ranmor guna pemeriksaan," papar Pudji.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua DPR Bidang Politik dan Keamanan Lodewijk Paulus buka suara terkait nomor polisi mobil anggota DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan yang berpelat dinas Polri. Dia menduga pelat itu didapat dari Ditlantas.

"Secara teknis saya tidak tahu (anggota DPR lain pakai pelat Polri). Karena biasanya itu hubungan pribadi ya, apalagi mereka Komisi III, mitra mereka kan kepolisian. Mungkin dari situ mereka ada komunikasi dengan Ditlantas untuk mendapatkan fasilitas itu," kata Lodewijk di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (21/1).

Lodewijk mengatakan ada kemungkinan Arteria Dahlan mendapat pelat dinas polisi karena sebagai anggota Komisi III yang bermitra dengan polisi. Namun dia menegaskan hal itu menyangkut urusan pribadi di luar instansi.

"Dan mungkin itu fasilitasnya. Saya belum tahu persis fasilitas. Tapi saya pikir itu hubungan pribadi yang bersangkutan (Arteria Dahlan) dengan aparat yang terkait dengan itu," lanjutnya.

Lodewijk menegaskan tidak ada keistimewaan anggota DPR. Dia mengatakan DPR punya kewenangan mengatur fasilitas keanggotaan, kecuali di luar pribadi. [Irm]


Komentar Pembaca