Kemegahan JIS, Anies: Insya Allah Lebih Baik dari Old Trafford

BERITA  JUMAT, 21 JANUARI 2022 | 21:10 WIB | Aldi Rinaldi

Kemegahan JIS, Anies: Insya Allah Lebih Baik dari Old Trafford

Jakarta International Stadium (JIS)/Foto:Aldi R.Moeslimchoice

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim, Jakarta International Stadium (JIS) yang terletak di Pademangan, Jakarta Utara, akan melebihi kemegahan stadion 'Old Trafford' markas klub sepak bola Manchester United (MU). 

"Insya Allah lebih baik (dari Old Trafford)," kata Orang nomor satu di Jakarta ini dalam kanal Youtube Total Politik yang dikutip, Jumat (21/1). 

Anies pun tak mau ambil pusing, terkait adanya pihak yang berkomentar buruk ataupun baik stadion kandang tim Persija Jakarta tersebut. 

"Bahwa itu dilabeli macem-macam, biarlah, itu gak usah dikomentari," ujarnya. 

Anies mengatakan, pada prinsipnya, hadirnya stadion markas klub macan Kemayoran ini, untuk menuntaskan janji kampanye pada Pilkada DKI 2017 lalu kepada masyarakat Jakarta, khususnya pendukung Persija, The Jak Mania. 

"Tapi yang penting komitmen kita untuk menunaikan janji pada warga Jakarta untuk punya stadion," papar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut. 

Mudah-mudahan, Anies berjanji, dua bulan mendatang atau tepatnya bulan Maret 2022, stadion JIS bisa tertuntaskan dan dapat dinikmati oleh tim Persija, bahkan warga Ibu Kota. 

Seperti diketahui, pengerjaan JIS, saat ini sudah hampir selesai atau mencapai 93,85 persen. Proyek pembuatan stadion kandang Macan Kemayoran ini ditargetkan rampung pada bulan Maret 2022 mendatang.  

Manajer Proyek JIS, PT Jakarta Propertindo, Arry Wibowo mengatakan, pengerjaaan JIS sudah memasuki tahap akhir. Para pekerja diminta menyelesaikan perapian interior gedung dan bagian lapangan utama.  

Untuk pengerjaan di bagian atas stadion, para pekerja disebutnya saat ini sedang menyelesaikan pengerjaan atap membran ETFE atau atap transparan. Pelapis awalnya, atap metal sheet sudah selesai dipasang.  

Selain itu, untuk menunjang kemampuan buka tutup atap stadion, pihaknya sedang memasang instalasi frame atau kerangkanya. 

Lalu di bagian tengah stadion, pihaknya sedang menyelesaikan area permainan. Pemasangan rangka fasad juga sedang diselesaikan. Pada tahap ini, 30 ribu-an kursi tribun reguler dari target 82 ribu kursi penonton sudah terpasang. Rencananya, bulan Februari seluruh kursi sudah terpasang.  

Tak hanya itu, fasilitas penunjang lainnya yang sudah selesai dikerjakan adalah lampu dan professional sound system yang mendukung stadion. Pekerjaan papan scoring board berukuran 15x30 meter sudah dilakukan uji coba.  

Kemudian, ruang-ruang pendukung pertandingan seperti ruang ganti pemain home dan away, fasilitas VIP, VVIP, termasuk ruang press conference room sudah selesai 100 persen. 

Semua fasilitas ini sudah bisa dipakai sepenuhnya.  Menurut rencana di bulan Februari akan ada soft launching JIS, sekitar tanggal 5 sampai 12 untuk penyelenggaraan International Youth Championship. [mt]


Komentar Pembaca