Mengenal Jenis Uang Kripto

Ekonomi  JUMAT, 21 JANUARI 2022 | 15:50 WIB | Rahmad Romli

Mengenal Jenis Uang Kripto

mc

MoeslimChoice.  Mata uang kripto dianggap sebagai salah satu bisnis investasi yang menguntungkan meski saat ini sudah dinyatakan haram penggunaannya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah mengharamkan uang kripto. MUI punya alasan sendiri dalam mengharamkan uang kripto. Salah satunya karena mata uang ini bersifar gharar yang memiliki sesuatu yang tidak pasti.  Selain itu bertentangan dengan Undang-Undang nomor 7 tahun 2011 dan Peraturan Bank Indonesia nomor 17 tahun 2015. 

Meski demikian banyak juga yang penasaran terhadap uang kripto yang ternyata banyak jenisnya. Di dunia saat ini ada ribuan jenis cryptocurrency yang berbeda. Sebagian dirancang untuk menyediakan beberapa fitur atau fungsi baru, moyoritas lainnya didasarkan pada prinsip yang sama dengan yang membentuk Bitcoin, yakni untuk Pemula Cryptocurrency tidak diterbitkan, diatur, atau didukung oleh otoritas pusat seperti bank Cryptocurrency.

Sebagai aset, cryptocurrency umumnya disimpan dalam dompet digital, dompet blockchain, yang memungkinkan pengguna mengelola dan memperdagangkan koin mereka.

Jenis Cryptocurrency yang dapat diperdagangkan berkisar dari hampir 6.000 koin hingga lebih dari 10.000, dengan total kapitalisasi pasar hampir 2 triliun dolar AS.

Namun sebagian besar kripto tersebut memiliki nilai yang sangat kecil dan potensi yang tidak jelas. Banyak pengamat merekomendasikan investor untuk tetap berpegang pada kripto yang populer, di antaranya bitcoin dan ethereum.

Dari sekian banyak uang kripto yang beredar, ada lima yang cukup populer di dunia, antara lain Bitcoin (BTC).  Bitcoin masih menjadi koin rujukan banyak orang ketika mereka berbicara tentang mata uang digital. Penciptanya yang misterius, diduga Satoshi Nakamoto memulai debut mata uang ini pada 2009. Bitcoin telah bergerak secara roller-coaster sejak saat itu.

 Ethereum (ETH) Kapitalisasi pasar: 472 miliar dolar AS.  Ethereum adalah platform untuk Ether. Sistem ini memungkinkan Anda menggunakan Ether untuk melakukan sejumlah fungsi, tetapi aspek kontrak pintar Ethereum membantu menjadikannya mata uang yang populer.

Koin Binance (BNB) Kapitalisasi pasar: 94 miliar dolar.  Koin Binance adalah mata uang kripto yang dikeluarkan oleh Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia. Meskipun awalnya dibuat sebagai token untuk membayar perdagangan yang didiskon, Koin Binance sekarang dapat digunakan untuk pembayaran serta pembelian berbagai barang dan jasa.

Tether (USDT) Kapitalisasi pasar: 76 miliar dolar AS. Harga Tether berlabuh pada 1 dolar AS per koin. Itulah mengapa disebut stablecoin. Stablecoin terikat dengan nilai aset tertentu, dalam kasus Tether, dolar AS. Tether sering bertindak sebagai media ketika pedagang berpindah dari satu kripto ke kripto lainnya.

Solana (SOL), kKapitalisasi pasarnya saat mencapai  65 miliar dolar AS. Diluncurkan pada Maret 2020, Solana adalah mata uang kripto yang lebih baru dan cepat dalam menyelesaikan transaksi dan kekokohan keseluruhan platform skala web. Penerbitan mata uang yang disebut SOL ini dibatasi hanya 480 juta koin.

Solana telah menjadi pemenang terbesar dari cryptocurrency teratas ini selama setahun terakhir dengan keuntungan lebih dari 10.000 persen. [rhd]


Komentar Pembaca