IKN Baru, Fadli Zon: Namai Saja Jokowi

POLKAM  SELASA, 18 JANUARI 2022 | 09:30 WIB

IKN Baru, Fadli Zon: Namai Saja Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memilih, nama Ibu Kota Negara (IKN) baru adalah Nusantara. Namun Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon menentangnya.

Politisi Partai Gerindra ini tidak setuju atas keputusan Presiden Jokowi, yang memilih nama Nusantara tersebut.

Di akun Twitter @fadlizon, Anggota Komisi I DPR RI ini mengatakan ketidaksetujuannya. Ia menilai Nusantara tidak pas untuk nama IKN Republik Indonesia.

Menurut dia, Nusantara punya pengertian sendiri sebagai wilayah Indonesia. Belum lagi ada istilah 'Wawasan Nusantara'.

 "Usul saya nama ibu kota langsung saja “Jokowi” ," tulis Fadli Zon yang dikutip dari akun Twitter @fadlizon, Selasa (18/1/2022).

Waduh! Ya. Karena Fadl  Zon punya alasan tersendiri. Menurut dia, dengan IKN diberi nama Jokowi, akan sama dengan Negara Kazakhstan yang menamai ibu kotanya Nur Sultan.

Menurut Fadli Zon, Nursultan diambil dari nama Presiden Kazakhstan  yaitu Nursultan Nazarbayev.

Pernyataan Fadli Zon itu menanggapi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan Presiden Jokowi memilih Nusantara sebagai nama IKN baru.

Suharso menyebut Nusantara dipilih karena kata tersebut telah dikenal sejak dulu. "Ikonik di internasional," kata Suharso di Jakarta kemarin.

Menurutnya, dari nama Nusantara diharapkan IKN Baru bisa menggambarkan kenusantaraan Indonesia.

"Mudah-mudahan dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia, dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu," tegas Suharso.[ros]


Komentar Pembaca