Pemprov DKI Kirim Bantuan untuk Penanganan Gempa di Banten

POLKAM  SENIN, 17 JANUARI 2022 | 17:32 WIB | Aldi Rinaldi

Pemprov DKI Kirim Bantuan untuk Penanganan Gempa di Banten

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bergerak cepat, mengirimkan bantuan logistik dan puluhan personel gabungan untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Sebanyak sembilan truk berisi bantuan logistik diberangkatkan dari halaman kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada Senin (17/1/2022).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengatakan, petugas gabungan yang diberangkatkan untuk penanganan bencana gempa di Kabupaten Pandeglang sebanyak 75 personel yang berasal dari BPBD, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Satpol PP, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik), serta BAZNAS (Bazis) DKI Jakarta.

"Pemprov DKI senantiasa bergerak cepat menyalurkan bantuan untuk penanganan bencana alam di berbagai daerah yang terkena musibah bencana alam. Ini bentuk kolaborasi jajaran Pemprov DKI Jakarta membantu sesama anak bangsa," ujar Sabdo.

Lanjut, Sabdo mengatakan, sembilan truk bantuan logistik tersebut berisikan sebanyak 26 item. Di antaranya, kasur, tempat tidur velbed, makanan, tenda, serta perlengkapan lainnya yang dibutuhkan untuk penanganan gempa di Kabupaten Pandeglang, Banten.

"Kami juga akan membenahi sejumlah rumah warga yang rusak akibat gempa. Untuk itu, kami sudah berkoordinasi dengan Bupati Pandeglang, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD dan Camat Sumur," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban yang secara langsung menerima bantuan logistik dari Pemprov DKI di Pendopo Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemprov DKI.

"Kami berterima kasih atas bantuan logistik yang disalurkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Bantuan yang diberikan ini dibutuhkan dan bermanfaat dalam penanganan musibah gempa bumi," ujar Tanto.

Tanto menambahkan, Pemkab Pandeglang segera mendistribusikan bantuan logistik kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat gempa bumi. Tim reaksi cepat dari Pemprov DKI Jakarta juga akan ditempatkan di lokasi gempa, termasuk mobil ambulans untuk membantu Pemkab Pandeglang dalam penanggulangan bencana.

"Bantuan logistik dan tim reaksi cepat yang dikerahkan Pemprov DKI Jakarta akan bersinergi di lapangan dalam penanganan pemulihan pasca bencana di Pandeglang. Ini kerja bersama dengan tim BPBD Provinsi Banten dan Kabupaten Pandeglang," ungkapnya. [ros]

 


Komentar Pembaca