Awas! Bakal Dipecat, Pahami Aturan Ini..

POLKAM  MINGGU, 16 JANUARI 2022 | 14:00 WIB

Awas! Bakal Dipecat, Pahami Aturan Ini..

Seluruh Pegawai Negeri Sipili (PNS) wajib mengetahui aturan ini. Bahwa mereka harus menjaga sikap, tidak boleh melakukan perbuatan yang mencoreng citra sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Korps Pegawai Negeri (Korpri).

Demikian terungkap dari penjelasan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana kepada para wartawan, Minggu (16/1/2022), di mana ia menyebutkan PNS kini memiliki regulasi terbaru mengenai kedisiplinan.

Aturan itu, kata dia, berupa ketentuan mengenai larangan, kewajiban, serta hukuman disiplin bagi PNS termuat dalam PP 94 Tahun 2021 tentang Disiplin PNS.

Beleid atau aturan ini ini menegaskan,  PNS diharuskan menaati kewajiban serta tidak melakukan larangan sebagaimana tercantum di dalamnya. Bagi PNS yang tidak menaati ketentuan yang salah satunya adalah mabuk-mabukan,  akan dikenakan hukuman disiplin.

Bima mengatakan, hukuman disiplin terbagi menjadi tiga:
Hukuman Disiplin Ringan
Hukuman Disiplin Sedang
Hukuman Disiplin Berat.

Ia merinci, Hukuman Disiplin terbagi berdasarkan tingkatan. Bagi hukuman disiplin ringan, jenis hukumannya terdiri atas teguran lisan, teguran tertulis, serta pernyataan tidak puas secara tertulis.

Untuk tingkat hukuman disiplin sedang, hukuman yang diberikan adalah pemotongan tunjangan kinerja sebesar 25 persen. Pemotongan tersebut jelas Bima, terbagi menjadi tiga kurun waktu, yakni selama 6 bulan, 9 bulan, dan 12 bulan.

Hukuman disiplin berat juga terbagi tiga;
Pertama, penurunan jabatan setingkat lebih rendah selama 12 bulan.
Kedua, pembebasan dari jabatannya menjadi jabatan pelaksana selama 12 bulan.
Ketiga, pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS.

"Bagi PNS yang terbukti mabuk apalagi menggunakan seragam dinas ASN, itu sudah masuk pelanggaran berat sehingga layak diberikan sanksi hukuman disiplin berat," tegasnya.

Bima Haria Wibisana kembali mengingatkan PNS, untuk mengikuti kewajiban yang sudah diatur dalam PP 94 Tahun 2021.

"Sebagai pegawai pemerintah, PNS harus menunjukkan sikap baik dan tidak melanggar aturan sebagaimana ditetapkan dalam PP 94 Tahun 2021," tandasnya.[ros]


Komentar Pembaca