Pemprov DKI Gandeng Dukcapil Jaktim Lakukan Perekaman e-KTP di Sekolah

BERITA  KAMIS, 13 JANUARI 2022 | 19:25 WIB | Deman

Pemprov DKI Gandeng Dukcapil Jaktim Lakukan Perekaman e-KTP di Sekolah

Foto/Net

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Prov DKI Jakarta, melalui Sudin Dukcapil Jakarta Timur, melakukan pelayanan adminduk (administrasi kependudukan), bagi 121 pelajar SMAN 48 Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Pelayanan diberikan kepada para siswa antara lain. 

Perekaman KTP elektronik (e-KTP) dan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA), dilaksanakan sejak Selasa (11/1/2022) hingga Rabu (12/1/2022).

Kasi Pendaftaran Sudin Dukcapil Jakarta Timur, Puji Yanti mengatakan, layanan perekaman e-KTP dan pencetakan KIA dilakukan sebagai tindak lanjut dari usulan pihak sekolah. Layanan seperti ini, akan terus digelar di sekolah-sekolah yang usia muridnya memasuki 17 tahun.

"Total ada 121 pelajar yang mendapatkan layanan perekaman e-KTP dan pencetakan KIA. Layanan jemput bola ini, dikhususkan bagi pelajar warga DKI," papar Yanti.

Yanti menjelaskan, untuk mengurus KIA para pelajar hanya diminta menyerahkan foto copy akta lahir dan Kartu Keluarga (KK). KIA tersebut langsung dicetak di  mobil layanan keliling yang disiapkan pihaknya di sekolah tersebut. Sedangkan untuk e-KTP, akan dicetak saat usia pelajar tepat 17 tahun atau saat ulang tahun yang ke 17.

"KTP elektronik tersebut nantinya bisa diambil yang bersangkutan di kantor kelurahan setempat," lanjut Yanti.

Disebutkan, dalam dua hari ini, tercatat sudah ada 18 KIA yang dicetak di sekolah tersebut. KIA ini diberikan untuk anak usia 15 tahun ke bawah. Sedangkan yang usia 16 tahun, diberikan layanan perekaman e-KTP.

"Kami mengerahkan enam petugas. Empat petugas dari Sudin Dukcapil dan dua lagi dari Kecamatan Makasar," ungkapnya. [mt]


Komentar Pembaca