BMKG Ingatkan, Saat Ini Sumsel Masuki Musim Hujan Tinggi

Tentang Sumsel  KAMIS, 13 JANUARI 2022 | 13:24 WIB | Rahmad Romli

BMKG Ingatkan, Saat Ini Sumsel Masuki Musim Hujan Tinggi

moeslimchoice

Curah hujan di wilayah Sumatera Selatan pada dasarian I Januari 2021 umumnya berada pada kategori menengah hingga tinggi yaitu 51-300 mm kecuali di sebagian kecil Kabupaten Empat Lawang dan Lahat.

Curah hujan tertinggi di pos hujan Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas dengan jumlah curah hujan 247.0 mm. Sifat hujan pada dasarian I Desember 2021 di wilayah Sumsel didominasi Sifat Hujan Atas Normal (AN).

Dimanas sifat hujan bawah normal terjadi di sebagian besar Kabupaten Empat Lawang, Lahat, sebagian Kabupaten OKU, sebagian Kabupaten  OKU Timur, dan sebagian kecil Kabupaten Musi Banyuasin.

Berdasarkan monitoring Hari Tanpa Hujan berturut-turut (HTH)  menunjukkan  hampir seluruh wilayah di Provinsi Sumatera Selatan masih terjadi hujan hingga saat pemutakhiran data. Sebagian Kabupaten  Musi Banyuasin, sebagian kecil Kota Palembang, sebagian Kabupaten OKI, dan sebagian Kabupaten OKU Selatan mengalami Hari Tanpa Hujan dengan kategori sangat pendek (1-5 hari).

Kondisi HTH terpanjang terjadi di Pos Hujan Kasmaran, Pos Hujan Sekayu, dan Pos Hujan Sri Gunung, Kabupaten  Musi Banyuasin yakni selama tiga hari.

Indeks ENSO dasarian I Januari 2022 menunjukkan ENSO dalam kondisi La Nina. BMKG memprakirakan kondisi ENSO La Nina lemah hingga moderat masih akan berlangsung hingga Juli 2022. Sementara Indeks Dipole Mode menunjukkan kondisi IOD Netral dan diprakirakan akan netral setidaknya hingga Juni 2022. Aliran massa udara di wilayah Indonesia masih didominasi angin baratan. Prediksi anomali OLR secara spasial menunjukkan potensi pertumbuhan awan relatif basah dibanding biasanya terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia hingga dasarian II Januari 2022.

Sementara pada dasarian II Januari 2022, diprakirakan terjadi hujan dengan kategori menengah (50-150 mm/dasarian) di sebagian besar wilayah Sumatera Selatan dengan peluang lebih dari 80 persen. Terdapat potensi hujan dengan kategori Tinggi (150-300 mm/dasarian) di Musi Rawas Utara, Musi Rawas, Lubuk Linggau, Muara Enim bagian barat, Lahat bagian utara, Empat Lawang bagian barat, dan OKU Selatan bagian timur dengan peluang hingga 30 persen.

Sedangkan peluang curah hujan tinggi masih ada terutama di wilayah Musi Rawas Utara, Musi Rawas, dan OKU Selatan. Masyarakat diharapkan dapat mewaspadai dampak turunan dari curah hujan tinggi tersebut serta selalu membersihkan dan menjaga lingkungan sekitar. [rhd]


Komentar Pembaca