Palembang Jadi Daerah Pertama Implementasikan Full E-Gov SIPD Se-Indonesia

Daerah  JUMAT, 07 JANUARI 2022 | 10:10 WIB

Palembang Jadi Daerah Pertama Implementasikan Full E-Gov SIPD Se-Indonesia

Kota Palembang, menjadi daerah pertama di Indonesia yang menerapkan full E-Governance Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), berdasarkan Progress Report Penerapan SIPD.

"Saat ini Pemerintah Kota Palembang menjadi pemkot pertama pertama yang telah berhasil mengimplementasikam SIPD penatausahaan se-Indonesia," kata Wali Kota Palembang H Harnojoyo, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Ratu Dewa dilansir infosumsel.ID, Jumat (7/1/2022).

SIPD, ungkap Dewa, merupakan sistem aplikasi yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). SIPD mulai tahun 2021 wajib diimplemtasikan Pemerintah Daerah di seluruh indonesia.

SIPD terintegrasi ini mulai dari perencanaan, penganggaran, penatusahaan, akuntansi pelaporan, pengadaan barang jasa dan barang milik daerah.

Untuk Pemkot Palembang, sejak 2021 seluruh perencanaan dan penganggarannya, sudah teringratrasi dalam SIPD. Tahun ini penatausahaan, pengadaan barang jasa serta akuntansi laporan telah integrasikan juga.

"Alhamdulillah Pemkot Palembang progresnya tercepat pertama se-Indonesia saat ini," tuturnya.

Ratu Dewa mengatakan, tahun ini sesuai arahan Wali Kota Palembang, pihaknya berkomitmen untuk mengimplentasikan full E-Goverment melalui integrated sistem SIPD secara penuh dan utuh secepat-cepatnya.

"Ini kami kedepankan dan akan terus kami optimimalkan penerapannya agar transparansi serta akuntabilatas di lingkungan Pemerintah Kota Palembang semakin baik lagi ke depannya," ujarnya. [ros]


Komentar Pembaca
Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Ahad, 02 Oktober 2022 | 09:05

Hukum Kdrt Menurut Islam

Hukum Kdrt Menurut Islam

Jumat, 30 September 2022 | 13:05