Pemprov DKI Gandeng Dukcapil Integrasikan Layanan Pasca Pernikahan

BERITA  RABU, 05 JANUARI 2022 | 21:55 WIB | Deman

Pemprov DKI Gandeng Dukcapil Integrasikan Layanan Pasca Pernikahan

Foto/Net

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, berkolaborasi mengintegrasikan layanan pencatatan pernikahan dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi DKI Jakarta, di Aula Jayakarta Kanwil Kementerian Agama Jalan D.I Panjaitan, Jakarta Timur, Senin (3/1/2022).

Kegiatan Integrasi ini, dihadiri oleh Kakanwil Agama DKI Jakarta, Kadis Dukcapil DKI Jakarta, serta Asisten Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. Inisiasi oleh kedua instansi tersebut, diharapkan kedepan dapat mempermudah masyarakat dalam akses pelayanan pasca pernikahan, karena ini merupakan ikhtiar dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk memberikan pelayanan yang membahagiakan dan menyenangkan untuk semua lapisan masyarakat.

Integrasi data administrasi kependudukan (Adminduk), bagi pasangan pasca menikah guna memudahkan penggantian status pada identitas kependudukan.   

Dalam laporannya, Kadis Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, Budi Awaluddin menjelaskan, selama ini kegiatan pernikahan, setelah nikah KTP-el tidak akan berubah kalau yang bersangkutan tidak mengurus sendiri ke Dinas Dukcapil.

"Saat ini, data pemohon telah terintegrasi, sehingga setelah pemohon mengajukan permohonan pernikahan di KUA, maka langsung terkoneksi dengan Dukcapil Provinsi DKI Jakarta dan KTP-el, serta Kartu Keluarga terupdate secara real time menjadi Status menikah," Kata Budi.

Di tempat yang sama, Kakanwil DKI Jakarta, Cecep berharap, masyarakat bisa memanfaatkan terobosan ini dengan baik, agar memudahkan pengurusan yang akan dilakukan pada pasca pernikahan.

"Saat ini, dalam upaya memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, maka pelaksanaan integrasi ini, akan dilaksanakan pada masing wilayah kota dengan dua kantor KUA percontohan terlebih dahulu sebagai pilot project," tutur Cecep.

Wilayah kota yang saat ini dapat melayani keperluan bagi masyarakat adalah:

Jakarta Timur: Duren sawit dan Jatinegara
Jakarta Selatan: Setiabudi dan Kebayoran Lama
Jakarta Utara: Tanjung Priok dan Cilincing
Jakarta Barat: Palmerah dan Kembangan
Jakarta Pusat: Menteng dan Kemayoran

Pada esensinya, pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara atau penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik (UU No.25 tahun 2009).

Standar pelayanan, merupakan tolok ukur yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan ruh dari Penyelenggara Pelayanan kepada masyarakat, dalam rangka pelayanan yang profesional dan berkualitas.

Dalam sambutannya,  Gubernur DKI yang diwakilkan Asisten Pemerintahan, Sigit, memberikan apresiasi yang tidak terhingga, karena layanan yang bisa terintegrasikan merupakan bagian dari kolaborasi yang sudah digaungkan oleh Gubernur dalam membangun Kota Jakarta.

"Dalam waktu dekat untuk wilayah di DKI Jakarta kedepan seluruh layanan kita dorong untuk terintegrasi, sehingga layanan yang excellent terhadap masyarakat dapat diwujudkan," kata Sigit. [mt]


Komentar Pembaca