Muhadjir: Nggak Usah Keluar Negeri, Indonesia Banyak yang Indah

Nasional  RABU, 29 DESEMBER 2021 | 22:30 WIB

Muhadjir: Nggak Usah Keluar Negeri, Indonesia Banyak yang Indah

Menko PMK Muhadjir Effendi/Net

MoeslimChoice. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengklaim transmisi lokal virus corona (Covid-19) varian omicron masih bisa dikontrol dan belum berkembang biak secara meluas.

"Ya transmisi lokal masih bisa di kontrol. Belum sampai betul-betul alami proliferasi atau berkembang biak yang sangat meluas, belum," kata Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (29/12).

Muhadjir optimistis varian omicron masih bisa dikendalikan dengan baik oleh pemerintah. Karenanya, ia meminta agar masyarakat Indonesia tak berpergian ke luar negeri sementara ini. Ia berharap masyarakat bisa berlibur dan menjelajahi keindahan alam Indonesia.

"Enggak usah keluar negeri. Indonesia belum dijelajahi semua kok mau ke luar negeri. Dan Indonesia banyak yang indah," kata Muhadjir.

Tak hanya itu, Muhadjir memastikan selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) tak ada perubahan kebijakan terkait PPKM.

Ia mengatakan pemerintah akan berupaya untuk melakukan pengetatan dan mengawasi kedatangan pelaku perjalanan dari luar negeri.

"Dan kita kawal ketat di pintu masuk. Sehingga Nataru tak ada perubahan kebijakan. Hanya kita awasi ketat aja tempat-tempat kerumunan dan pintu masuk ada celah. Akan kita siasati lagi," ujar dia.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menemukan satu pasien Covid-19 varian Omicron transmisi lokal tanpa gejala. Pasien transmisi lokal itu merupakan laki-laki 37 tahun yang sering bepergian Medan-Jakarta.

Kemenkes telah mengonfirmasi penambahan kasus virus corona varian Omicron menjadi 68 kasus. Jumlah itu mengalami penambahan sebanyak 21 kasus pada hari ini, Rabu (29/12). Sehari sebelumnya pemerintah mengonfirmasi kasus omicron di angka 47 orang.[tyo]


Komentar Pembaca