BPJPH Umumkan Pemenang Halal Vlog Competition 2021, Ini Daftarnya

Ekonomi Syariah  SELASA, 28 DESEMBER 2021 | 21:05 WIB

BPJPH Umumkan Pemenang Halal Vlog Competition 2021, Ini Daftarnya

Foto/net

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama mengumumkan delapan pemenang Lomba Vlog Halal atau 'Halal Vlog Competition 2021'. 

Kompetisi Video-Vlog berthema 'Halal itu Apa Sih?' tersebut diumumkan secara hybrid dari CGV FX Sudirman, Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, dan diikuti secara daring oleh ratusan peserta lomba dari berbagai daerah di Indonesia.

"Saya mengapresiasi semua yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dan ini menjadi salah satu alternatif dalam mengkampanyekan Jaminan Produk Halal," kata Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham di Jakarta, Senin malam (27/12/2021).

Aqil Irham mengatakan, salah satu kewenangan BPJPH adalah melakukan sosialisasi, edukasi, dan publikasi Jaminan Produk Halal (JPH). Menurutnya, kegiatan ini bukan hanya tugas BPJPH semata, melainkan menjadi tanggung jawab bersama. Hal itu mengingat cakupan JPH sangat luas. Stakeholder dan aktor yang berperan di dalam penyelenggaraan JPH di Indonesia juga sangat banyak.

"Kalau BPJPH sendiri, tentu tak bisa menjangkau cakupan yang sangat luas. Bahkan sebenarnya halal ini sudah menjadi trend global di seluruh dunia," lanjut Aqil Irham.

"Di dunia yang semakin mendekat karena pengaruh teknologi informasi, peran video vlog ini dalam sosialisasi edukasi dan publikasi produk halal tentu sangat signifikan agar bisa menembus lintas batas teritorial," tambahnya.

Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH, Mastuki, dalam laporannya mengatakan, bahwa Halal Vlog Competition 2021 yang digelar sejak awal Oktober itu sengaja mengangkat thema 'Halal itu Apa Sih?'.  

Thema tersebut dipilih dengan harapan, ajang ini dapat menggali sebanyak-banyaknya pandangan masyarakat umum tentang pengertian halal.

"Dari 380 video vlog yang masuk lalu melalui proses penjurian dipilih menjadi 50 besar terbaik, lalu diperkecil lagi menjadi 30, lalu 10 besar, dan kemudian dipilih terbaik 1, 2, 3, dan 5 juara favorit," kata Mastuki.

Lomba berhadiah total Rp 60.000.000,- tersebut, dibuka untuk umum dan diikuti peserta dari berbagai latar belakang. Di antaranya, pelaku usaha, pegawai swasta, wirausaha, pegawai negeri, mahasiswa, dan siswa-siswi madrasah dan sekolah. 

Penilaian video vlog peserta lomba dilakukan oleh dewan yuri yang terdiri dari praktisi dan ahli teknologi informasi, analis media digital, content creator, BPJPH, dan Dewan Halal Nasional (DHN) MUI.

Penghargaan untuk para pemenang lomba diserahkan oleh Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham; Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal, Mastuki; dan Plt Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag, Thobib Al-Ashyar.

Berikut daftar Juara 1,2,3 dan 5 Juara Favorit pemenang lomba Halal Vlog Competition 2021:

1. Juara 1: Khalis Wira Krisna, dengan judul video "Halal Indonesia untuk Masyarakat Dunia", mendapatkan piala dan hadiah sebesar Rp25.000.000,-

2. Juara 2: Ziyan Hamzah, dengan judul video "Review Kos(metik)an", mendapatkan piala dan hadiah sebesar Rp15.000.000,-

3. Juara 3: Ahmad Jauharul Azkiya, dengan judul video "Menuju Indonesia Pusat Halal Dunia", mendapatkan piala dan hadiah sebesar Rp10.000.000,-

Sedangkan 5 Juara Favorit masing-masing memperoleh piala dan hadiah sebesar Rp.2.000.000,- diperoleh oleh:

1. Gita Marshella, dengan judul video ‘Halal itu apa sih?!’

2. Irawati Rachman, dengan judul video ‘Halal itu apa sih?’

3. Santhiputri Lastuthi, dengan judul video ‘Kenapa kosmetik itu harus halal?’

4. Angela Rompis, dengan judul video ‘Kenapa memilih gaya hidup halal’

5. Dyah Ayu Kusuma Wardhani dengan judul ‘Yakin sudah halal?’. [mt]

 


Komentar Pembaca