Ananda Mikola: Kawasan Ancol Sangat Memadai untuk Formula E

Nasional  RABU, 22 DESEMBER 2021 | 14:10 WIB | Aldi Rinaldi

Ananda Mikola: Kawasan Ancol Sangat Memadai untuk Formula E

Mewakili Ikatan Motor Indonesia (IMI), Ananda Mikola mengatakan secara teknis kawasan Ancol dengan berbagai speknya sangat memadai untuk ajang balap Formula E.

Pembalap Nasional ini menegaskan, kepastian tersebut datang bukan dari dirinya secara pribadi, tapi hasil peninjauan bersama dengan Formula E Operations dan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

"Saya mewakili IMI sebagai regulator, kami beberapa hari lalu sudah meninjau lokasi bersama FIA dan Formula E dan akhirnya beliau memuttuskan Ancol sebagai venue. Karena memang dari segi lokasi cukup memadai," tutur Ananda di Ancol, Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Ananda menjelaskan, dengan luas kawasan hingga 35 hektar, Ancol bisa menghadirkan panjang sirkuit sampai 2,4 KM dengan lebar 15 meter.

Nantinya, kata dia, lokasi sirkuit tidak dibuat permanen tapi seperti jalan raya yang identik dengan balapan mobil listrik ini.

"Ancol 35 hektar , menghadirkan sirkuit 2,4 km lebar 15 meter dan bentuk seperti jalan raya, tidak seperti sirkuit permanen. Karena memang kita setiap event Formula E itu eventnya ada di rata rata 90 persen ada di street race, ini baru pertama kali ada di indonesia," tandasnya.

Sekedar informasi, Ancol bersaing dengan beberapa lokasi lain sebagai kandidat venue balap mobil listrik Formula E. Seperti Gelora Bung Karno (GBK), Pantai Indah Kapuk (PIK), Kemayoran dan Surdirman-Thamrin.

Namun, pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix 2022 Ahmad Sahroni menjelaskan, bahwa setelah melalui kajian panjang bersama pihak Formula E Operations sebagai wakil Federasi Otomotif Internasional (FIA), maka dipilih lah Ancol sebagai lokasi ajang balap mobil listrik tersebut.

"Pasti ada pertanyaan. Kenapa sih lama bener pengumuman venue? kalau saya yg mutuskan regulasi balap formula enya dri kemarin pas saya ditunjuk, cuma karwna ini harus diberikan approval FEO dan FIA saya langsung umum," kata Sharoni.[ros]


Komentar Pembaca