DILAPORKAN KE POLISI, HABIB BAHAR TAK GENTAR

MCTV  SELASA, 21 DESEMBER 2021 | 11:57 WIB | MCTV

Usai tagar #TangkapBaharSmith trending pada Senin (20/12), beberapa saat kemudian muncul pelaporan terhadap Habib Bahar.

Habib Bahar bin Smith dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan kelompok berdasarkan SARA atau penghinaan terhadap penguasa negara. 

Dalam pelaporan itu tak hanya Habib Bahar bin Smith, namun juga Eggi Sudjana, yang dilaporkan atas dugaan yang sama.

Atas pelaporan dirinya tersebut, Habib Bahar pun langsung bereaksi. Melalui kanal Youtube @Refly Harun yang diunggah pada Senin, 20 Desember, Habib Bahar menyatakan bahwa dirinya tak gentar, meski namanya dilaporkan ke Mapolda Metro Jaya, terkait ujaran kebencian. 

Karena menurut Habib Bahar, apa yang disampaikannya dalam ceramah yang viral itu merupakan kebenaran.

"Saya sudah biasa dilaporkan dari zaman SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) sampai sekarang. Jangankan hanya 1, 2 atau 3 laporan. 1000 laporan pun tetap saya bakal hadapi. Sebagai warga negara yang taat hukum enggak bakal saya mundur sejengkal pun karena yang saya sampaikan adalah kebenaran," Habib Bahar, seperti dibacakan Refly Harun. 

Bahar Smith pun meminta kepada semua pihak untuk mendengarkan rekamannya secara utuh dan jangan dipotong-potong. Tidak ada ujaran kebencian yang disampaiakan melainkan kritik pada kezaliman yang terjadi di negara ini.

"Apakah mengkritik kebijakan penguasa yang salah adalah ujaran kebencian? Bukankah saya berkata haram menjatuhkan pemerintah yang sah. Kalau para musuh-musuh habib Rizieq bertubi-tubi menghina, mencaci, memaki dan memfitnah Habib Rizieq, terus, apakah saya harus diam? Saya tegak berdiri melawan kezaliman dan ketidakadilan penguasa, bukan melawan negara karena bagi saya NKRI, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 45 harga mati, bukankah ini negara demokrasi," Habib Bahar Smith, seperti dibacakan Refly Harun.

Bahar menyebutkan, bahwa dirinya adalah pelayan umat dan rakyat dalam menyampaikan kebenaran melawan kezaliman. Selama ini, Bahar mengaku akan memuji kebijakan pemerintah yang baik atau sejahterakan masyarakat. Tetapi sebaliknya, bila menemukan ada yang salah maka dirinya tidak segan-segan untuk mengkritik.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E. Zulpan membenarkan adaya pelaporan terhadap Habib Bahar dan Eggi Sujana. Dan kini penyelidik masih mendalami keterkaitannya.

"Didalami penyidik yang jelas laporan ada," Kombes E Zulpan, Kabid Humas Metro Jaya.


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55