Pertamina International Shipping Go Global

Ekonomi  JUMAT, 03 DESEMBER 2021 | 12:27 WIB

Pertamina International Shipping Go Global

Direktur Utama Pertamina International Shipping (PIS) Erry Widiastono mengatkaan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya percepatan untuk mengembangkan portofolio  ke kancah global. Karena itu merupakan bentuk dukungan PIS agar target Pertamina secara group dapat tercapai,  yaitu untuk berada di posisi top 100 perusahaan dunia Global Fortune 500 dengan valuasi US$ 100 miliar pada tahun 2024.

"Dukungan tersebut dibuktikan dimana sepanjang tahun 2021, PIS telah berhasil mencatatkan sejumlah prestasi yang cukup impresif sebagai perwujudan dan semangat dari PIS Go Global," kata dia seperti dilansir dari laman resmi Pertamina, Jumat (3/12/2021).

“Transformasi PIS menjadi Subholding Integrated Marine Logistics berhasil menorehkan beberapa pencapaian dan prestasi sepanjang tahun ini sebagai bentuk perwujudan dari PIS Go Global," tambahnya.  

Saat ini PIS telah berhasil melakukan perluasan trading area dari 8 rute menjadi 11 rute world wide yakni Afrika, Arab Saudi, UEA, Australia, Singapura, Malaysia, China, US, India, Aljazair dan Bangladesh yang berkontribusi sebagai revenue Perusahaan melalui aktivitas charter out dengan pencapaian nilai sebesar 20 Juta USD hingga Agustus 2021.

Selain itu, beberapa kapal PIS seperti MT Gamsunoro, MT Sanggau, MT Gede, MT Galunggung, MT Gamkonora, MT Gunung Geulis, MT Gamalama, MT Panderman, telah melayani rute internasional dimana sebelumnya diutilisasi untuk domestik. Khusus untuk utilisasi Kapal Gamsunoro saat ini telah melayani rute Internasional sepanjang Arabian gulf dan Japan range.

Kapal VLGC Pertamina 1 dan 2 milik PIS juga berhasil mencatatkan sejarah sebagai kapal kargo milik PIS pertama yang dikelola sendiri oleh PIS yang memperoleh Certificate of Compliance (COC) dari United States Coast Guard (USCG), dan melakukan Loading Perdana LPG di Phillips 66 Freeport, Texas – Houston, Amerika Serikat.

Sertifikat Kepatuhan (COC) dari USCG diterbitkan terhadap kapal berbendera asing yang berlayar di perairan Amerika Serikat. Hal ini merupakan salah satu indikator PIS sudah terpercaya di industri maritim internasional karena pemeriksaan tersebut diterapkan dengan standar yang tinggi untuk jaminan terlaksananya pelayaran yang aman di seluruh wilayah transportasi laut dalam yurisdiksi Amerika Serikat.

Selain itu, VLCC Pertamina Pride & VLCC Pertamina Prime saat ini sudah secara rutin berlabuh di Rastanura, Saudi Arabia dan West Africa, serta VLCC PIS Pioneer ke Malaysia dan Singapore.

Erry menambahkan, “Capaian dan prestasi tersebut merupakan bukti dari komitmen kami untuk terus bersaing secara global, hal tersebut juga tidak terlepas dari performa kapal dan awak kapal yang cukup impresif sepanjang tahun ini.”

Beberapa capaian prestasi lainnya berhasil dicatatkan oleh kapal milik PIS seperti Kapal PIS Paragon & PIS Polaris selain memperoleh Certificate of Compliance (COC) dari United States Coast Guard (USCG), juga berhasil menjalin kerja sama dengan Perusahaan Multinasional untuk melayani rute USA & Africa dan telah mendapatkan penghargaan Qualship 21.

Kemudian melalui MT Gede yang berhasil loading perdana di Sikka Ports & Terminal Limited India dan kerjasama PIS melalui kapal MT Sanggau dengan Petronas, Petco Trading Labuan Company Limited (PTLCL) untuk kontrak sewa kapal berbasis waktu. PIS juga berhasil mencapai revenue 3rd Party Customer YTD Oktober 2021 sebanyak 17.21 Juta USD diluar Pertamina hasil dari International Trading.

Erry berharap prestasi dan capaian yang telah ditorehkan sepanjang tahun 2021 dapat menjadi motivasi bagi kami khususnya Subholding Integrated Marine Logistics untuk terus berupaya memberikan yang terbaik dalam mewujudkan PIS Go Global dan mendukung terwujudnya visi pertamina secara group ke depan, sehingga PIS dapat terus melebarkan sayapnya di kancah internasional.[ros]


Komentar Pembaca
Dosa Kah Jika Membangun Masjid Menyerupai Gereja
Ipin Upin Bukan Kisah Nyata

Ipin Upin Bukan Kisah Nyata

Selasa, 18 Januari 2022 | 14:35

BUDAYAWAN: RASIS!

BUDAYAWAN: RASIS!

MCTVRabu, 19 Januari 2022 | 11:56

USTADZ HILMI: SEMOGA ORANG INI SEGERA ISTIGHFAR & TAUBAT
Pulang Umrah, 87 Jamaah Positif Covid-Probable Omicron

Pulang Umrah, 87 Jamaah Positif Covid-Probable Omicron

NasionalKamis, 20 Januari 2022 | 22:55

Sebelum Tuhan, Habib Bahar Ditantang Gus Arya Duluan

Sebelum Tuhan, Habib Bahar Ditantang Gus Arya Duluan

POLKAMSelasa, 18 Januari 2022 | 13:20

GUS ARYA: AKU MINTA MAAF, KASIHANILAH SAYA, TOLONG
Alhamdulillah..Kondisi Mahathir Mulai Stabil

Alhamdulillah..Kondisi Mahathir Mulai Stabil

InternasionalMinggu, 23 Januari 2022 | 13:16

I miss you Dad.. Kisah Erick Thohir yang Bikin Nangis

I miss you Dad.. Kisah Erick Thohir yang Bikin Nangis

IslamtainmentMinggu, 23 Januari 2022 | 12:00

MCTVMinggu, 23 Januari 2022 | 11:50

  Panas, AS Izinkan Negara-negara Baltik Kerahkan Rudal ke Ukraina

Panas, AS Izinkan Negara-negara Baltik Kerahkan Rudal ke Ukraina

InternasionalMinggu, 23 Januari 2022 | 11:30

Waspada..Ada Potensi Bencana Hari Ini

Waspada..Ada Potensi Bencana Hari Ini

NasionalMinggu, 23 Januari 2022 | 11:00