Temui Massa Buruh, Anies Menyurati Menteri Ketenagakerjaan

POLKAM  SENIN, 29 NOVEMBER 2021 | 16:40 WIB | Aldi Rinaldi

Temui Massa Buruh, Anies Menyurati Menteri Ketenagakerjaan

Gubernur Anies Baswedan menemui massa aksi dari elemen buruh yang sedang melakukan unjuk rasa di depan Balai Kota Jakarta, Jl Meredeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (29/11/2021).

Bersama buruh Anies Baswedan menyurati Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, untuk menaikkan lagi nominal upah minimun provinsi (UMP) 2022 bagi pekerja di Ibukota.

Pasalnya, kenaikan UMP 2022 yang telah diumumkan pekan lalu terbilang kecil. Kenaikan UMP 2022 yang diterima Provinsi DKI berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan sebesar 0,8% atau sekitar Rp38.000.

"Jadi teman-teman. Kami memahami dan kami saat ini sedang bersama-sama memperjuangkan agar UMP di Jakarta naik lebih tinggi daripada formula yang ada sekarang," ujar Anies di depan massa aksi.

Anies mengatakan untuk saat ini penetapan UMP DKI Jakarta sedang dalam pembahasan dengan Kementerian Ketenagakerjaan.

Dan untuk surat usulan peninjauan kembali formula penetapan UMP sudah dilayangkan Pemprov DKI pada tanggal 22 November 2021.

"Kita berkeinginan agar di Jakarta baik buruh maupun pengusaha merasakan keadilan. Betul kan? Kan adil itu harus semuanya bukan, harus adil?," terang Anies.

Mantan Mendikbud ini juga mengatakan, protes yang dilayangkan ke Menteri Ida itu dilakukan karena penetapan UMP 2022 masih terlalu kecil. Sedangkan tahun 2021 lalu UMP DKI naik mencapai 3,2 persen. Padahal saat itu Jakarta masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Kita tahu selama pandemi minggu ini ada sektor sektor yang memang mengalami kesulitan, tapi ada juga sektor-sektor yang mengalami pertumbuhan betul? Yang buat masker tumbuh tidak? Tumbuh. Yang hotel tumbuh tidak? Tidak," tandas Anies.[ros]


Komentar Pembaca