Rusli Habibie

Kepuasan Warga Meningkat Meski Anggaran Berkurang

Nominasi Regional Governance MoeslimChoice Award 2021

Moeslim Choice Award  SENIN, 29 NOVEMBER 2021 | 13:10 WIB

Kepuasan Warga Meningkat Meski Anggaran Berkurang

Moeslimchoice. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menjadi perhatian publik Tanah Air tatkala membela anak buahnya yang kena marah Menteri Sosial Tri Rismaharini yang berkunjung ke provinsinya. Namun, bagaimana kinerjanya sebagai gubernur yang memimpin untuk periode kedua 2017-2022?

Gubernur memang wakil pemerintah pusat di daerah. Namun, ia juga kepala daerah yang mengemban amanah untuk memimpin dan melayani rakyatnya. Untuk yang kedua ini, rakyatnya sendiri dapat menilai kinerja seorang gubernur.

Nah, warga Gorontalo pun mendapat kesempatan untuk menilai kinerja gubernurnya. Dengan mensurvei warganya pada September 2021 lalu.

Alhasil,  sebanyak 89,4 persen warga di Provinsi Gorontalo mengaku puas dengan kinerja Gubernur Rusli Habibie. Data itu diperoleh dari hasil survei Celebes Research Centre (CRC) bekerja sama dengan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) yang dirilis Jumat, 1 Oktober 2021.

Survei itu menyasar 800 responden secara tatap muka yang tersebar di lima kabupaten dan satu kota. Metode survei dilakukan acak atau multistage random sampling dengan usia responden 17 tahun atau sudah pernah menikah. Toleransi kesalahan 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Persepsi kepuasan masyarakat terhadap kinerja Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di akhir masa jabatannya ini yang paling tinggi dari empat periode survei sebelumnya. Pada Maret 2016 kepuasan masyarakat di angka 65,1 persen, Agustus 2016 naik 71,2 persen, Desember 2016 sebesar 69,7 persen dan Februari 2017 malah turun 68,3 persen.

Jika merinci warga berdasarkan lima kabupaten dan satu kota, persentase warga yang sangat puas dengan kinerja gubernur terutama berasal dari kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo dan Gorontalo Utara. Sebanyak 47,0 persen warga Boalemo mengaku sangat puas, sementara warga Kabupaten Gorontalo dan Gorontalo Utara masing-masing 30,4 persen dan 45,6 persen.

“Ada juga yang menjawab cukup puas di tiga daerah itu masing masing 44 persen, 54,8 persen dan dan 50 persen. Sisanya menjawab biasa saja, kurang puas, sangat tidak puas dan tidak tahu atau tidak menjawab” ungkap peneliti CRC Imam Suyuti bertempat di Hotel Maqna, Kota Gorontalo.

Persentase warga yang menjawab cukup puas dengan kinerja Gubernur Rusli paling tinggi di Kabupaten Pohuwato yakni 84,0 persen. Kota Gorontalo dan Bone Bolango masing-masing 82,3 persen dan 75,5 persen.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang hadir saat rilis data menyambut baik hasil ini. Menurutnya, survei atau hasil penelitian sangat penting untuk memotret dinamika masyarakat. “Tujuannya sebagai bahan evaluasi program mana yang sudah baik dan mana yang harus ditingkatkan. Ini suatu ilmu yang harus kita ikuti,” ungkap Rusli saat diwawancarai.

Rusli menyadari masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan di sisa berapa bulan masa jabatannya. Terlebih di masa pandemi covid-19 seperti saat ini sehingga banyak harapan masyarakat yang tidak terakomodir.

“Dalam pandemi ini pelayanan kepada masyarakat dan anggaran sangat berkurang. Anggaran kita dari biasa Rp2,2 triliun sekarang tinggal Rp1,7 triliun. Jadi memang sangat mempengaruhi,” ujarnya.

Toh meski anggaran berkurang sekitar Rp500 miliar, hasil penyusuran langsung kepada warga Gorontalo menunjukkan tingkat kepuasan warga ternyata meningkat dan mencapai titik tertinggi di masa wabah Covid-19. Anggaran memang penting, namun bukan segalanya. Untuk itu, panitia menominasikan Rusli Habibie untuk menerima Governance Award tahun ini..*


Komentar Pembaca