Bersama Forkompinda, Anies Bahas PPKM Level 3 Nataru

POLKAM  JUMAT, 26 NOVEMBER 2021 | 14:12 WIB | Aldi Rinaldi

Bersama Forkompinda, Anies Bahas PPKM Level 3 Nataru

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membahas aturan tentang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 bersama pihak Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati), Panglima Kodam (Pangdam), dan Kepolisian Daerah (Kapolda) untuk mengantisipasi pergerakan masyarakat saat libur akhir tahun itu.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat sudah memutuskan menaikkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang semula Level 1 menjadi Level3 pada saat Libur Nataru yang berlaku mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

"Jadi pak Kajati, Pangdam, Kapolda, Wagub dan jajaran melakukan pertemuan untuk membahas tentang libur nataru serta pengendalian COVID-19 yang ada di sekitar tanggal tersebut," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baserdan, Jumat (26/11/2021).

Anies mengatakan, dalam pembahasan tersebut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuat peraturwn terkait libur akhir pekan berdasarkan intruksi Mendagri.

"Nanti ada bebrrapa hal yang spesifik yang terkait urusan Jakarta yang belum tentu sudah dirangkum dalam mendagri," kata Anies.

Jadi, kata Anes, pada tanggal 1 Desember Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai libur nataru pada PPKM Level-3 sudah siap. Sehingga menurut dia, sudah cukup waktu untuk disosialisaikan sebelum tanggal 24 Desember.

"Jadi itu intinya, pada prinsipnya kita akan sama dengan semua wilayah Jawa dengan ada beberapa ketentuan yang unik yang terkait jakarta yang nanti akan diumumkan," tandas Anies.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh jajaran kabinet menterinya untuk mengumumkan penerapan pembatasan mobilitas masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru ke level 3.

Keputusan tersebut mengacu terhadap kondisi kasus lonjakan wabah virus corona (Covid-19) yang terjadi di Negara Eropa baru-baru ini.

"Rencana penerapan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia, jelang Natal dan Tahun Baru ini agar dikomunikasikan dengan baik kepada masyarakat. Sampaikan mengenai perkembangan kenaikan kasus terjadi di Eropa ini penting sekali sebagai sebuah background dari keputusan yang akan kita ambil," ujar Presiden dalam rapat terbatas mengenai evaluasi PPKM yang ditayangkan secara virtual, Senin (22/11).[ros]


Komentar Pembaca