Inspiring Figure Moeslim Choice Award 2021, Feby Deru Konsen Majukan UMKM dan Kerajinan Lokal

Moeslim Choice Award  JUMAT, 19 NOVEMBER 2021 | 19:40 WIB | Irmayani

Inspiring Figure Moeslim Choice Award 2021, Feby Deru Konsen Majukan UMKM dan Kerajinan Lokal

CEO Moeslim Choice Usman Rizal bersama Hj Febrita Lustia Herman Deru / Foto MoeslimChoice.com

Kiprah Ketua TP PKK Provinsi Sumsel sekaligus Ketua Dekranasda Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru yang sangat konsen memajukan sektor UMKM dan produk kerajinan lokal, tak dipungkiri menjadi inspirasi banyak orang. Tak mengherankan jika sosok Feby Deru terpilih masuk dalam nominasi Inspiring Figure oleh media Moeslim Choice, jelang Moeslim Choice Award 2021, 12 Desember mendatang. 

Kabar gembira ini terkonfirmasi saat Feby Deru menerima audiensi Team Moeslim Choice, Kamis (18/11) siang di Puri Mahkota, Griya Agung. Dalam audiensi itu tampak hadir CEO Moeslim Choice Usman Rizal, Kepala Biro Sumsel Rahmad Romli, Perwakilan Info Indonesia Network, Raden MS dan Produser InfoTV, Andyanto. 

Dikatakan CEO Moeslim Choice, Usman Rizal sosok Feby Deru memang terlihat sejak memimpin TP PKK Sumsel dan Dekranasda pada 2018. Baik melalui pemberitaan media massa dan medsos, upaya Feby mendorong kreatifitas UMKM dan perajin lokal tampak jelas. Berbagai produk kerajinan yang redup Ia bangkitkan seperti kain angkinan dan terbaru kain batik Palembang juga tak luput dari perhatian ibu empat anak tersebut. 

Dalam audiensi tersebut, Feby memaparkan bahwa kepeduliannya pada sektor UMKM dan para perajin lokal tumbuh dengan sendirinya. Sejak dulu apalagi saat ibunya yang juga Ketua TP PKK Kota Palembang kerap turun ke lapangan membantu perajin memantik semangatnya untuk merangkul para UMKM dan perajin di Sumsel. 

" Apalagi Saya juga pernah jadi Ketua TP PKK waktu di OKU Timur. Jadi memang sudah biasa, ada semangat sendiri untuk menyerap keluhan-keluhan mereka dan membantu mengembangkannya. Karena mereka ini sebenarnya memang butuh kita dengarkan," jelas Feby bersemangat. 

Menurut Feby pada dasarnya UMKM dan kerajinan lokal Sumsel ini sangat potensial. Hanya saja saat ini mereka masih terkendala dalam hal packing dan pemasaran. Oleh karena itu bersama TP PKK dan Dekranasda juga ICSB Feby gencar menggelar berbagai event untuk menyalurkan kreatifitas para UMKM dan perajin lokal di antaranya Festival Rempah dan lainnya yang selalu sukses digelar. 

Feby bahkan menggagas keberadaan Kriya Sriwijaya sebagai sarana perajin lokal dan UMKM mempromosikan produknya. Di tengah pandemi Feby juga tak berdiam diri. Meski sempat mengurangi aktivitas namun Ia tetap menginisasi tetap bekerja di balik layar membuat dapur umum bekerjasama dengan TNI Polri dan Pemprov Sumsel menyediakan makanan bagi warga tersampak Covid. 

Tak hanya masyarakat terdampak Covid yang menyita perhatian, pelaku UMKM yang terdampak juga tak luput dari bantuannya. Bersama Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Feby kompak memberikan endorse gratis yang perlahan berhasil meningkatkan penjualan pelaku UMKM. Aksinya ini bahkan sempat menginspirasi banyak pejabat lain lokal dan nasional. 

" Kemarin kita sudah buat kreasi pindang kaleng di Talang Kepuh agar orang Sumsel yang tinggal di luar bisa mengobati kangen dengan pindang ini. Nanti kita rencananya akan buat malbi kaleng. Doakan segera terwujud dalam waktu dekat," papar Feby ramah. 

Menurut Feby, tak ada resep khusus untuknya menjalani kegiatan dan tanggungjawab yang seabrek sebagai istri kepala daerah. 

" Kuncinya adalah ikhlas jadi apapun tantangannya Insya Allah mudah kita jalani," imbuh Febby. [Irm]


Komentar Pembaca