Kilang Minyak Terbakar, Pertamina Lakukan Pemadaman Secara Intensive

Nasional  SABTU, 13 NOVEMBER 2021 | 22:51 WIB | Aldi Rinaldi

Kilang Minyak Terbakar, Pertamina Lakukan Pemadaman Secara Intensive

Net

Tengki Kilang Pertamina RU IV, Cilacap Jawa Tengah dikabarkan terbakar pada Sabtu (13/11) malam ini sekitar pukul 19.00 WIB. Oleh karena itu, Pertamina saat ini tengah berupaya maksimal untuk melakukan pemadaman kebakaran tangki di area, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran kilang tersebut. 

"Upaya pemadaman dilakukan secara intensive dengan menggunakan High Capacity Foam Monitor pada tangki yang terbakar, sedangkan untuk tangki di sekitar dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah merambatnya kebakaran," kata Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya dalam keterangan tertulis. 

Ia mengatakan, untuk saat ini Pertamina tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian dan memastikan masyarakat dalam kondisi aman.  

Kemudia kata Ifki, untuk masyarakat yang berlokasi di area terdekat dengan lokasi, akan dilakukan evakuasi untuk memindahkan masyarakat ke area yang lebih aman. 

"Saat ini, Pertamina juga memastikan pasokan BBM dan Elpiji ke masyarakat dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan," tandasnya. 

Sebelumnya, bereda luas di media sosial video kilang yang terbakar beredar. Dalam sebuah video tersebut menyebutkan, lokasi tangki yang terbakar berada di daerah Banjaran di Wilayah Kelurahan Donan, tidak jauh dari pintu gerbang masuk utama Kilang RU IV Cilacap. 

Tampak dalam video api meluap-luap disertai kepulan asap. Ketinggian luapan api mencapai lebih dari 25 meter dan membuat langit malam di daerah Banjaran, menjadi terang. [Irm]


Komentar Pembaca