Jusuf Kalla Minta Masjid Jadi Tempat Berlindung Korban Bencana

BERITA  KAMIS, 11 NOVEMBER 2021 | 18:00 WIB | Deman

Jusuf Kalla Minta Masjid Jadi Tempat Berlindung Korban Bencana

foto/net

Sebagai tempat ibadah umat Islam, sebaiknya Masjid tidak tertutup. Untuk itu, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK) meminta semua Masjid bisa terbuka.

Dia mengizinkan Masjid-masjid di Indonesia menjadi tempat berlindung bagi masyarakat korban bencana alam seperti La Nina. 

Hal tersebut disampaikan JK, dalam acara Tasyakuran penggunaan Gedung DMI. Hadir dalam acara itu, Gubernur DKI Jakarta,  Anies Rasyid Baswedan, dan Rapat Kerja Nasional Dewan Masjid Indonesia Tahun 2021 di Kantor Pusat DMI, Jalan Matraman, Jakarta Timur, Rabu (10/11/2021).

Dalam sambutannya, Anies mengapresiasi Jusuf Kalla, selaku Ketua Umum DMI yang dapat hadir dan tetap aktif di masa pensiunnya. Ia berharap, agar sosoknya menjadi teladan di lingkungan sekitar Gedung DMI. Ia pun berharap, kehadiran Gedung DMI bisa membawa berkah bagi DMI dan pengurus di seluruh Indonesia.

"Diharapkan DMI bisa terus berkolaborasi, yang bersama Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan kesejahteraan bagi pengurus Masjid di seluruh Indonesia," kata Anies dalam sambutannya.

Sementara itu, mantan Wapres ini dalam pesan tertulisnya mengatakan, merasa prihatin dengan banyaknya kejadian bencana alam di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Biasanya, kata JK, masyarakat yang terkena bencana itu, memilih Masjid sebagai tempat berlindung maupun tinggal sementara. 

"Itu sudah jadi kebiasaan. Tapi tidak apa-apa. Kita akan izinkan hal itu dan kita tinggal atur dengan baik," kata JK, melalui keterangan tertulisnya dikutip pada Kamis (11/11/2021). 

JK menambahkan, partisipasi Masjid dengan menjadi penampungan bagi warga korban bencana merupakan bagian dari program DMI. Program itu juga telah dikonsolidasikan ke seluruh pengurus DMI di seluruh Indonesia. 

JK menganggap, bahwa Masjid memiliki banyak fungsi, selain menjadi tempat beribadah semata. 
"Masjid juga mempunyai fungsi lain seperti melindungi masyarakat," tegasnya. [mt]


Komentar Pembaca