Pemprov DKI Imbau Warga Lakukan Uji Emisi di Tempat Resmi

BERITA  SELASA, 09 NOVEMBER 2021 | 18:30 WIB | Deman

Pemprov DKI Imbau Warga Lakukan Uji Emisi di Tempat Resmi

foto/net

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, mewajibkan uji emisi kendaraan bermotor untuk meminimalisasi dan menekan tingkat pencemaran udara di Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengimbau warga melakukan uji emisi di tempat uji emisi resmi. Asep menjelaskan, saat ini masyarakat dapat mengunduh aplikasi e-uji emisi dan melihat lokasi uji emisi resmi terdekat.

Masyarakat dapat mendatangi tempat uji emisi resmi terdekat dengan membawa STNK, serta memastikan kondisi kendaraan yang hendak dilakukan uji emisi dalam keadaan terawat.

"Saat ini terdapat 257 penyelenggara uji emisi kendaraan roda empat dan 16 penyelenggara uji emisi kendaraan roda dua, yang siap memberikan pelayanan," ungkap Asep, Selasa (9/11).

Asep mengaku, tempat uji emisi kendaraan bermotor belum mencapai jumlah yang ideal saat ini. Oleh karena itu, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, telah memanggil asosiasi-asosiasi bengkel dan Agen Pemegang Merek (APM), untuk berkolaborasi dalam penyediaan tempat uji emisi.

Menurut Asep, jumlah ini akan terus bertambah nantinya dan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), bakal mempermudah perizinannya, sehingga diharapkan ekosistem uji emisi terbentuk dan masyarakat dapat memilih melakukan uji emisi di dekat tempat tinggalnya.

"Saat ini beberapa di antaranya telah mengajukan izin dan sudah terealisasi menjadi tempat uji emisi, sehingga masyarakat makin banyak pilihan," kata Asep.

Asep menyampaikan, masyarakat dapat melakukan uji emisi di bengkel atau kios maupun layanan mobile penyelenggaran uji emisi, yang dapat dicek pada aplikasi e-uji emisi.

Ketegasan Pemprov DKI Jakarta ini, sejalan dengan tuntutan Citizen Lawsuit yang dalam amar putusannya, memerintahkan untuk menjatuhkan sanksi bagi sumber bergerak yaitu kendaraan bermotor, yang mencemari udara atau tidak lulus uji emisi. [mt]


Komentar Pembaca