Peringati Sumpah Pemuda, Jokowi: Persatuan Dalam Kemajemukan Menjadi Modal Indonesia

Nasional  KAMIS, 28 OKTOBER 2021 | 14:10 WIB | Aldi Rinaldi

Peringati Sumpah Pemuda, Jokowi: Persatuan Dalam Kemajemukan Menjadi Modal Indonesia

net

Presiden RI Joko Widodo mengatakan persatuan dalam kemajemukan menjadi modal bagi Republik Indonesia dalam melalui berbagai tantangan.

 

"Persatuan dalam kemajemukan menjadi modal bagi Indonesia untuk melalui berbagai tantangan," ujar Presiden dalam akun Instagram yang diunggahnya @jokowi, bertepatan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021.

Menurut Presiden, sumpah dan tekad pemuda yang diucapkan pada 28 Oktober 1928 masih menggema hingga saat ini.

"Sumpah dan tekad yang diucapkan dengan lantang pada 93 tahun lampau oleh pemuda-pemudi Indonesia, masih menggema dengan suara yang sama dan sejalan dengan arus zaman sekarang," ujarnya.

Dalam unggahannya di Instagram, Presiden menyertakan sebuah gambar ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda, dengan ilustrasi gambar Presiden bersama para pemuda dari beragam latar belakang, mulai dari pelajar, dokter, atlet, musisi, juru masak, termasuk juga penyandang disabilitas.

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak generasi muda Indonesia untuk tidak henti-hentinya berbicara tentang kebinekaan dan persatuan, yang semangatnya pertama kali dicetuskan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

Dia meminta semangat bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu yaitu Indonesia, yang digelorakan para pemuda nusantara 93 tahun lalu, juga menjadi "spirit" kaum muda bangsa saat ini.

"Semangat 'api' Sumpah Pemuda tidak boleh padam, bahkan tidak boleh meredup sedikit pun. Untuk itu, generasi muda penerus masa depan bangsa, jangan pernah bosan untuk berbicara tentang kebinekaan dan persatuan," kata Puan.[irm]


Komentar Pembaca