Ulama Moskow Sebut Persatuan Adalah Komponen Kekuatan Umat Islam

Internasional  SELASA, 26 OKTOBER 2021 | 05:00 WIB | Sunarya Sultan

Ulama Moskow Sebut Persatuan Adalah Komponen Kekuatan Umat Islam

Foto/net

MoeslimChoice | Pentingnya persatuan di antara berbagai aliran pemikiran disampaikan Kepala Pusat Islam Moskow Hojat-ol-Islam, Saber Akbari Jeddi. Menurut dia, persatuan adalah komponen kekuatan umat Islam.

Dikatakan Jeddi, siapa pun yang mencari kekuatan dan kemampuan di dunia ini maka harus mencari sarananya. Sarana bagi umat Islam untuk mendapatkan kekuasaan adalah persatuan.

Kuantitas yang besar dari umat Islam di dunia dan signifikansi strategisnya menjadi sorotan Jeddi.

Jika sebagian besar orang Muslim bersatu untuk mencapai suatu tujuan, imbuh Jeddi, maka mereka akan menciptakan kekuatan yang sangat besar. Jeddi menyebut perselisihan dan perpecahan di antara umat Islam akan menyebabkan melemahnya umat Islam.

"Oleh karena itu, persatuan adalah keniscayaan yang tak terelakkan," sambung dia.

Diungkapkannya, umat Islam berbagi pandangan tentang semua prinsip Islam, termasuk yang mendasar seperti keesaan Tuhan, Nabi Muhammad SAW, Alquran dan kiblat. Perbedaan kecil pada beberapa masalah fiqih atau teologis tidak merusak prinsip dan dapat dikesampingkan.

Jeddi menjelaskan, tantangan utama dalam perjalanan menuju persatuan di antaranya adalah keberadaan ulama yang kurang memiliki informasi. Permusuhan musuh-musuh Islam serta hasutan dan plot yang dimunculkan oleh mereka juga menjadi kendala menuju jalan persatuan.

Untuk mengatasi hambatan ini, terang Jeddi, kesadaran di kalangan umat Islam harus tumbuh dan mereka harus kembali ke identitas Islam mereka. Dia mencatat bahwa media dunia Muslim, khususnya media keagamaan, memainkan peran yang sangat besar dalam hal ini. [ary]


Komentar Pembaca