Shalat Jumat Pertama di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dengan Kapasitas Penuh

Kabar Tanah Suci  SABTU, 23 OKTOBER 2021 | 21:55 WIB

Shalat Jumat Pertama di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dengan Kapasitas Penuh

Foto/net

Untuk pertama kalinya, setelah lebih dari satu setengah tahun, pelaksanaan shalat Jumat di Dua Masjid Suci, Masjidil Haram di Makkah Al-Mukarramah dan Masjid Nabawi di Madinah Al-Munawarrah kembali berfungsi penuh, tanpa jarak sosial.

Sangat menyedihkan dan menyakitkan melihat masjid-masjid tanpa jamaah, karena timbulnya pandemi COVID-19 yang dimulai pada Maret 2020, yang mempengaruhi umat Islam di mana-mana, di seluruh dunia, tetapi khususnya bagi warga Makkah dan Madinah.

"Merupakan berkah, berjalan di jalur Masjid dan Anda dikelilingi oleh orang-orang lagi," kata Abdullah Mahdi, seorang pekerja sektor swasta dan penduduk lama kota suci itu, seperti dilansir dari ArabNews, Sabtu (23/10). 

"Meskipun masih bermasker, tidak masalah, tempat itu (Masjidil Haram) hidup dengan gerakan dan jamaah lagi.," tambah Abdullah.

Ini benar-benar pemandangan yang indah, melihat halaman Masjidil Haram di sekitar Ka'bah dipenuhi banyak orang pada Jumat pertama setelah dicabutnya aturan jarak sosial. Dan insya Allah akan baik-baik saja.

Sabtu (16/10) lalu, Kementerian Dalam Negeri mengumumkan pelonggaran pembatasan di seluruh Kerajaan Arab Saudi, termasuk yang mempengaruhi Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, yang kembali beroperasi dengan kapasitas penuh.

Wakil Sekretaris Jenderal Urusan Masjidil Haram, Dr. Saad bin Mohammed Al-Muhaimid mengatakan, bahwa Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci telah menggunakan semua sumber daya manusia dan mekanik, untuk mengimplementasikan rencana untuk kembali beroperasi dengan kapasitas penuh.

"Mereka melakukannya melalui rencana terpadu, kemampuan dan layanan yang dimanfaatkan untuk menjaga keselamatan pengunjung Masjidil Haram dan memfasilitasi kinerja ritual mereka dalam suasana spiritual, aman dan menentramkan," katanya.

"Berdasarkan arahan Presiden Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci, Syekh Dr Abdulrahman Al-Sudais, kami telah mempercepat laju pekerjaan dan meningkatkan tingkat kesiapan dalam upaya penyediaan Masjidil Haram bagi pengunjung dengan layanan dan sarana kenyamanan yang lebih baik," tambahnya. [mt]


Komentar Pembaca