Pilpres 2024, Demokrat Usung Anies Baswedan-AHY

POLKAM  SABTU, 23 OKTOBER 2021 | 17:40 WIB

Pilpres 2024, Demokrat Usung Anies Baswedan-AHY

Tidak mudah bagi Prabowo Subianto untuk memenangi Pemilhan Presiden (Pilpres) 2021. Sebab dia akan mendapat tantangan dari Airlangga Hartarto, yang merupakan Ketua Umum Partai Golkar (Golkar). Juga Anies Baswedan, yang diprediksi akan diusung Partai Demokrat.

Demikian dikatakan pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga, Sabtu (23/10/2021), di mana ia menyebutkan,"Ada tiga calon, Airlangga dengan pasanganya, Prabowo besar kemungkinan dengan Puan Maharani, satu lagi pasangan Anies Baswedan."

Menurut Jamiluddin, peluang tiga partai besar yakni PDIP, Golkar, dan Gerindra bertarung dalam Pilpres 2024 sangat besar. Sebab, ketiga partai itu akan mengusung kader masing-masing menjadi capres.

"PDIP dapat mengusung sendiri pasangan capres dan cawapres, sementara Golkar dan Gerindra cukup berkoalisi dengan satu partai menengah untuk mengusung kadernya manjadi capres," tambahnya.

 Dosen Universitas Esa Unggul itu menilai, ada kemungkinan Puan akan dijadikan cawapres berpasangan dengan Prabowo sebagai capres. Jamiluddin menghubungkan dengan rumor bahwa Megawati dan Prabowo akan berkoalisi pada 2024 setelah Prabowo mau masuk kabinet Jokowi usai kalah pada Pilpres 2019.

"Kemungkinan ini semakin besar karena ada kedekatan hubungan antara Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo," jelasnya.

Jamiluddin juga memprediksi Partai Demokrat dan PKS akan bergabung untuk mengusung kandidat pada Pilpers 2024. Menurutnya, ada kemungkinan kandidat yang mereka usung yakni Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Pasangan ini tampaknya akan bersaing ketat dengan pasangan Prabowo dan Puan. Dua pasangan itu juga akan bersaing ketat bila Airlangga berpasangan dengan Ganjar atau Ridwan Kamil," katanya.[ros]


Komentar Pembaca