Revitalisasi Surau Akan Jadi Fokus Kemenag Sumbar

Daerah  SABTU, 23 OKTOBER 2021 | 03:24 WIB | Sunarya Sultan

Revitalisasi Surau Akan Jadi Fokus Kemenag Sumbar

Foto/net

MoeslimChoice | Program penguatan moderasi beragama dan revitalisasi surau di Sumatra Barat akan difokuskan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatra Barat, Helmi. Menurut dia, Penguatan Moderasi Beragama merupakan salah satu pilar utama dalam membangun bangsa.

"Ada empat indikator penting moderasi beragama, toleransi yaitu saling menghormati antar umat beragama. Anti kekerasan, komitmen lembaga dan akomodatif yaitu menghargai kearifan lokal di masing-masing daerah," ujar Helmi, Jumat (22/10/2021).

Helmi menyebut ada tiga alasan penguatan moderasi beragama itu menjadi penting. Pertama, era globalisasi dan arus informasi. Globalisasi dan arus informasi yang semakin kuat kata Helmi  bisa menggerus budaya luhur dan adat ketimuran Indonesia khususnya Minangkabau.

Kedua, rendahnya indeks kerukunan umat beragama di Sumatra Barat yang dibawah rata-rata nasional. Pada tahun 2019, indeks kerukunan Sumbar dua terbawah atau di urutan ke 33 dari 34 provinsi. Ketiga, masjid dan mushalla imamah atau maraknya masih kurang.

Helmi mengatakan, penguatan moderasi beragama itu bisa dilakukan dalam tiga bentuk. Di antaranya internalisasi nilai moderasi beragama melalui kurikulum pendidikan.

Kemudian sosialisasi dan pembinaan pada PNS (Pegawai Negeri Sipil), Organisasi Masyarakat dan Organisasi Keagamaan, pengurus masjid, tokoh agama dan tokoh adat. Dan revitalisasi surau (masjid dan musholla). Untuk revitalisasi surau akan direkrut tenaga profesional/guru surau.

"Tahun 2022 kita akan lakukan revitalisasi surau, untuk 20 mesjid raya dan masjid agung yang ada di Sumatra Barat. Mulai dari rekrutmen imam dan khotibnya," jelas Helmi.

Sehingga pada tahun 2023 Kanwil Kemenag Sumbar akan merevitalisasi 179 surau atau masjid besar tingkat kecamatan. Kemudian tahun 2024 nanti baru semua masjid dan mushalla di nagari dan desa di Sumatra Barat. [ary]


Komentar Pembaca