Soal Penamaan Jalan Ali Sadikin, Pemprov DKI Klaim Bakal Tindaklanjuti Usulan DPRD

BERITA  JUMAT, 22 OKTOBER 2021 | 16:10 WIB | Aldi Rinaldi

Soal Penamaan Jalan Ali Sadikin, Pemprov DKI Klaim Bakal Tindaklanjuti Usulan DPRD

Wagub DKI Ahmad Riza Patria/Net

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menindaklanjuti usulan DPRD yang ingin mengganti nama Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat menjadi Ali Sadikin.

"Jadi memang ada permintaan dari temen-teman untuk memberi nama kepada Bung Ali Sadikin," ucap Wakil Gubernur (Wagub) DKI Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (21/10) malam.

Politikus asal Gerindra ini mengatakan, Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI bersama pihak terkait sedang melakukan pengkajian terkait penggantian nama jalan tersebut.

"Insyaallah nanti kita akan tindak lanjuti kembali. Nanti Dishub yang punya tugas untuk memastikan penamaan jalan untuk Bung Ali Sadikin," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi geram dengan rencana penamaan jalan di ibu kota dengan nama tokoh sekuler Turki Mustafa Kemal Ataturk (MKA).

Menurutnya, Pemprov DKI harusnya lebih mengetahui dan dapat mengkaji mana sosok yang layak untuk dikenang dan pantas dijadikan nama jalan.

Ia pun menyinggung kejelasan penamaan jalan Ali Sadikin yang sampai saat ini belum juga terealisasi.

Usul pengubahan nama Jalan Kebon Sirih ini sebelumnya diungkapkannya dalam rapat paripurna memperingati HUT ke-494 DKI Jakarta Juni lalu.

Jalan Kebon Sirih membentang dari perempatan Jalan Abdul Muis sampai perempatan Jalan Menteng Raya, seberang Tugu Tani, Jakarta Pusat.

"Ali Sadikin jelas-jelas sosok dan tokoh berjasa buat Jakarta. Usulan penamaan Jalan Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat menjadi Ali Sadikin pun merupakan keputusan dari rapat paripurna. Tapi mana, sampai sekarang belum juga ada keputusan untuk peraturan gubernur," ujarnya dalam keterangan tertulis. [tyo]


Komentar Pembaca