Polisi Bakal Tindaklanjuti Pelaporan Ujaran Kebencian McDanny

Hukum  KAMIS, 21 OKTOBER 2021 | 07:15 WIB

Polisi Bakal Tindaklanjuti Pelaporan Ujaran Kebencian McDanny

Komika McDanny/Net

Komika Dani Jaya Wardhana alias McDanny dilaporkan ke Satuan Reserse Kriminal (Stareskrim) Polrestabes Bandung polisi setelah dinilai menghujat mantan imam besar FPI Rizieq Shihab.

Pengaduan terhadap McDanny tertuang dalam surat nomor STPB/335/X/2021/JBR/Polrestabes. Laporan sudah diterima Satreskrim Polrestabes Bandung dan segera ditindaklanjuti dengan penyelidikan oleh penyidik.

Adapun pelapor dari Ormas Pembela Kesatuan Tanah Air (Pekat) terkait ucapan McDanny yang diduga mengandung unsur kebencian atau penghinaan. Ucapan itu terdapat dalam sebuah potongan video dan beredar luas di media sosial.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Besar Rudi Tri Handoyo membenarkan pihaknya telah menerima laporan aduan masyarakat tentang dugaan penghinaan kepada Rizieq Shihab. Para penyidik sedang mendalami laporan tersebut dalam proses penyelidikan.

"Ada laporan kita terima. Pasti kita tindaklanjuti dan lakukan penyelidikan," kata Rudi, Rabu (20/10).

Disinggung soal rencana pemanggilan McDanny, Rudi tidak berkomentar lebih jauh sebab hal tersebut sudah masuk ranah penyelidikan.

Sementara itu Wakil Sekretaris DPD Pekat Jabar Sonny Chaniago mengatakan, pihaknya melaporkan komika McDanny karena dalam sebuah acara mengeluarkan pernyataan yang terindikasi merusak moral generasi muda bangsa dan ada unsur penistaan agama.

Sony menyatakan Pekat Jabar berharap McDanny diberikan efek jera.

"Jadi, meledek dan menista agama itu (akhirnya) menjadi suatu hal yang biasa. Kami tidak mau lah hal-hal seperti ini nanti jadi hal yang biasa," ucap Sony.

Beberapa waktu lalu, McDanny mendapat kecaman karena ucapannya yang dinilai menghujat Rizieq Shihab.

Kecaman itu muncul setelah video McDanny di sebuah acara viral di media sosial beberapa waktu lalu. McDanny melontarkan sejumlah pernyataan dalam acara itu.

"Minum bir di Root's halal. Lebih halal dari sabu," kata McDanny.

"Terima kasih buat perempuan-perempuan yang berkerudung tapi kalian asik sekali," lanjutnya.

Setelah itu, ia melontarkan kalimat yang menjadi dasar permasalahan dan kecaman banyak netizen kepadanya saat ini.

"F*** Habib Rizieq," kata McDanny sambil tertawa berdasarkan video yang telah viral di media sosial itu.

McDanny akhirnya meminta maaf setelah cuplikan video dirinya yang diduga menghina eks Imam Besar FPI, Rizieq Shihab viral di media sosial.

"Saya McDanny mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada umat muslim, seluruh umat muslim, pada ormas-ormas islam, terutama kepada para ulama, habib dan keluarga besar Habib Rizieq," kata McDanny melalui akun Instagram pribandinya @mcd4anny, Selasa (19/10).

McDanny juga menyebut bahwa apa yang iya ucapkan tidak pantas. Ia menambahkan, kata maaf pun sepertinya tidak pantas keluar dari mulutnya.

"Saya masih jauh dari kesempurnaan sebagai orang Islam, sebagai seorang muslim," ucap McDanny.

Untuk keluarga besar Rizieq, McDanny mengaku ingin bertemu secara langsung untuk menyampaikan permintaan maafnya.

"Saya hanya ingin minta maaf, minta maaf yang sebesar-besarnya karena telah menyakiti semuanya, termasuk keluarga besar teman-teman saya. Dan untuk keluarga Habib Rizieq saya berharap bisa bertemu dengan mereka dan meminta maaf secara langsung," imbuh McDanny.[tyo]


Komentar Pembaca