Permintaan Ridwan Kamil Pada Bank Konvensional, Tolong Diindahkan!

Daerah  RABU, 20 OKTOBER 2021 | 12:40 WIB

Permintaan Ridwan Kamil Pada Bank Konvensional, Tolong Diindahkan!

Ridwan Kamil / net

Tingginya kebutuhan masyarakat yang menginginkan kemudahan dalam mengakses pinjaman uang menjadi salah satu maraknya praktik Pinjaman Online (Pinjol) ilegal, mengingat bank-bank konvesional dinilai belum bisa memenuhi permintaan masyarakat dengan cepat dan mudah.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta bank-bank konvensional ikut memberantas pinjol ilegal dengan cara memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan pinjaman uang.

Permintaan tersebut disampaikan Ridwan Kamil menyusul penindakan pinjol ilegal. Seperti Polda Jabar yang melakukan penggerebekan kantor perusahaan pinjol ilegal yang beroperasi di Samirono, Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Kalau mau memberantas pinjol, bank konvensional harus segesit pinjol, tapi tidak sezalim mereka (pinjol ilegal) dalam adminstrasi dan penagihannya," kata Kang Emil di sela peninjauan atlet PON XX Papua asal Jabar yang tengah menjalani masa pemulihan di Hotel Horison, Kota Bandung, Selasa (19/10/2021).

Kang Emil mengaku senang dengan langkah pihak kepolisian yang kini tengah memberantas pinjol ilegal. Menurutnya, fenomena pinjol ilegal yang menyengsarakan masyarakat itu memang harus diberantas.

"Derasnya pinjol kemarin mengalahkan literasi yang sudah dilakukan. Dengan ada penegakan hukum, saya senang, minimal diberhentikan fenomena ini kemudian digantikan dengan kemudahan-kemudahan sistem perbankan yang konvensional," jelasnya.

Kang Emil juga mengatakan bahwa Pemprov Jabar sudah banyak memberikan solusi agar masyarakat tidak terjerat pinjol ilegal, seperti hadirnya program Kredit Mesra dari bank bjb dimana masyarakat dapat menerima pinjaman uang tanpa bunga.

"Selain itu, Pemprov Jabar pun memiliki program KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang bunganya yang rendah," ujarnya.

Kang Emil menambahkan, pihaknya pun terus memotivasi bank daerah dalam hal ini bank bjb untuk terus memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses pinjaman uang.

"Saya juga memotivasi bank daerah. Kenapa pinjol rame? Karena mudah ngurusnya, persepsi perbankan yang rada susah ngurus itu harus diubah," kata Kang Emil.[irm]


Komentar Pembaca