Warga NU Diminta Wapres Jaga Permasalahan Sosial di Peringatan Maulid

Nasional  RABU, 20 OKTOBER 2021 | 03:31 WIB | Sunarya Sultan

Warga NU Diminta Wapres Jaga Permasalahan Sosial di Peringatan Maulid

Foto/net

MoeslimChoice | Anggota Nahdlatul Ulama (NU) diajak Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menjadi garda terdepan dalam menjaga umat dan mengatasi segala permasalahan sosial.

"Pada malam peringatan Maulid Nabi Muhammad ini, saya hanya ingin mengajak kita konsisten untuk melakukan al-himayah wa taqwiyah. Al-himayah artinya menjaga umat. Ini menjadi penting karena banyak persoalan yang harus kita hadapi pada saat ini," tutur Ma'ruf dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW secara virtual, dilansir dari Antara, Selasa (19/10/2021).

Kata Ma'ruf, umat tengah dihadapkan pada perkembangan teknologi informasi yang memiliki dua sisi. Dari sisi positif, segala informasi dapat cepat tersampaikan. Di sisi lain, banjir informasi yang tidak disaring dengan baik dapat memunculkan berita yang menyesatkan.

"Orang menyebutnya era post-truth. Bahasa populernya, berkeliarannya hoaks atau berita bohong," ungkap Wapres.

Wapres Ma'ruf menyebut sangat berbahaya apabila informasi yang dikonsumsi tidak diteliti secara selektif. Bahkan, di dalam informasi itu tak jarang terdapat provokasi yang memang sengaja diproduksi untuk memecah-belah umat dan bangsa.

"Ini sangat berbahaya, bisa memecah belah umat dan bangsa apabila kita tidak bisa menjaga umat dari informasi-informasi menyesatkan," tegas Wapres.

Terakhir, Ma'ruf berharap agar warga NU mampu konsisten menjaga umat dari bahaya akidah dan penafsiran terhadap teks keagamaan yang menyimpang, utamanya di masa pandemi. [ary]


Komentar Pembaca