2 Tahun Pemerintahan Jokowi-Amin, Ini Penilaian Waka MUI

POLKAM  RABU, 20 OKTOBER 2021 | 07:10 WIB

2 Tahun Pemerintahan Jokowi-Amin, Ini Penilaian Waka MUI

Hari ini, Rabu (20/10/2021), bertepatan dengan Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin berusia 2 tahun. Bersamaan dengan itu, Wakil Ketua (Waka) Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Marsudi Syuhud memberikan penilaian

KH Marsudi memberikan beberapa catatan selama dua tahun Pmerintahan Presiden Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, yang disebutnya bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang berpenduduk 280 juta jiwa ini sehingga menciptakan keamanan.

Menurut KH Marsudi, bila tanpa kesatuan dan keamanan usaha apa pun akan mengalami barrier problem-problem masyarakat atau problem kawasan. Ia mengucap syukur bahwa kepemimpinan Presiden Jokowi-Wapres KH Ma'ruf, hal itu bisa ditangani.

Dia juga menyoroti kinerja Pemerintahan Jokowi-Amin yang dinilai telah menunaikan janji kampanyenya yakni perbaikan infrastruktur.

 "Siapa saja enggak bisa menafikan diri saat Dari Sabang Sampai Merauke kelihatan jelas. Jadi, orang hidup itu punya legacy ketika punya legacy itu punya tinggalan, beliau ini punya tinggalan," katanya menyiratkan pembangunan yang merata di seluruh Nusantara.


Dalam kondisi Pandemi Covid-19, Pemerintahan Jokowi-Amin masih bisa tetap melaksanakan janji kampanye mereka dengan baik.

"Negara-negara lain, ekonomi kondisi Covid-19 ini yang tidak hanya membunuh manusia, termasuk mesin-mesin produksi itu terbunuh juga maka banyak negara yang ekonominya decline. Alhamdulillah Indonesia masih tetap berjalan, Betapa pun terseok-seok tetapi tetap tumbuh walaupun perlahan," KH Marsudi menilai.

Pria yang juga menjabat Sekjen PBNU ini mengapresiasi penanganan Covid-19 di Indonesia, yang menduduki peringkat kelima dengan peserta vaksin terbanyak.Bahwa di saat negara lain masih berebutan untuk mendapatkan vaksin, Pemerintah Indonesia justru sudah melakukan vaksinasi.

"Indonesia sekarang sudah banyak yang divaksin maka menjadi nomor lima di dunia," tuturnya. Dia juga menyebutkan pemerintah Jokowi-Amin berhasil mengajak masyarakat untuk ikut serta mendorong percepatan vaksinasi.

"Coba kalau hanya diserahkan kepada pemerintah, sampai kapan selesainya dan ini kehebatan bahwa pemerintah juga mengajak masyarakat pesantren, sebanyak 26.000 pesantren," tuturnya.

Dari segi perbaikan ekonomi saat pandemi Covid-19, menurut KH Marsudi Syuhud, Presiden Jokowi punya cara tersendiri sehingga roda ekonomi tetap berjalan.

"Presiden Jokowi punya pakem sendiri. Ketika negara lain semua lockdown, mati total semua ekonomi itu, Presiden Jokowi menerapkan ada batasannya yang lockdown itu, yang lainnya bisa bekerja," tambahnya.

Namun, KH Marsudi Syuhud juga meminta kepada Pemerintahan Jokowi-Amin untuk memberikan perhatian lebih kepada ekonomi kecil, agar bisa tumbuh dan mencukupi kebutuhan rakyat Indonesia.[ros]


Komentar Pembaca