Sedih! Indonesia Tak Bisa Kibarkan Merah Putih di Ajang Thomas Cup

BERITA  SENIN, 18 OKTOBER 2021 | 10:00 WIB

Sedih! Indonesia Tak Bisa Kibarkan Merah Putih di Ajang Thomas Cup

Foto/net

Indonesia menjadi juara ajang Thomas Cup 2020 (yang dilangsungkan pada 2021), setelah mengalahkan China 3-0. Namun di podium, tim Thomas Cup tidak bisa melihat bendera merah putih berkibar, saat lagu Indonesia Raya dinyanyikan. 

Pelarangan pengibaran bendera merah putih, di ajang kejuaraan bulutangkis beregu putra tersebut, merupakan sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA).

Pada 15 September 2021, WADA mengirim surat resmi kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) tentang ketidakpatuhan.

Indonesia bersama tujuh negara lain, tidak mengirimkan sampel uji doping selama masa pandemi, yakni pada 2020 dan 2021, seperti yang telah ditetapkan dalam test doping plan (TDP).

WADA memberi tenggat waktu selama 21 hari untuk Indonesia, dan tujuh negara lain untuk memberi klarifikasi. Namun setelah menanti selama 21 hari, Indonesia tak juga memberi jawaban.

Hingga pada 7 Oktober 2021, WADA menyatakan Indonesia menjadi salah satu negara yang tidak patuh dalam penerapan program uji doping.

Lantaran tak mematuhi program tersebut, Indonesia dikenakan tiga sanksi dari WADA. Pertama, pelarangan pengibaran bendera di berbagai ajang olahraga selain Olimpiade. 

Kedua,  Indonesia juga disebut tak memenuhi syarat menjadi tuan rumah dalam kejuaraan tingkat regional, kontinental, atau dunia.

Dan ketiga, perwakilan Indonesia tidak memenuhi syarat menempati posisi anggota dewan di dalam sebuah komite olahraga.

Sebelum final Thomas Cup 2020, Kepala Bidang Luar Negeri PP PBSI, Bambang Roedyanto melalui Kepala Bidang Humas dan Media PBSI, Broto Happy menyebut, tidak ada bendera merah putih, jika Indonesia menjadi juara. Bendera akan diganti dengan logo PBSI.

Pada malam penyerahan piala, seusai laga final melawan China yang berakhir dengan skor 3-0, pemain serta pelatih Indonesia menerima medali dan piala, tanpa adanya pengibaran bendera Merah Putih. [mt]


Komentar Pembaca