Arab Saudi Cabut Aturan Jaga Jarak Sosial di Masjidil Haram

Kabar Tanah Suci  MINGGU, 17 OKTOBER 2021 | 23:20 WIB

Arab Saudi Cabut Aturan Jaga Jarak Sosial di Masjidil Haram

foto/net

Pemerintah Arab Saudi, hari ini, Minggu (17/10) mulai melonggarkan Protokol Covid-19, dengan mengizinkan tak lagi menjaga jarak sosial.  

Selain itu, Masjidil Haram di Makkah, juga mulai menerima jamaah Umrah dan jamaah lainnya dengan kapasitas penuh. 

Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Masjidil Haram, Dr. Saad bin Mohammed Al-Muhaimid, mengatakan, rencana membuka Masjidil Haram beroperasi dengan kapasitas penuh, mulai dilaksanakan hari ini, Minggu, 17 Oktober 2021, sambil memastikan keselamatan semua orang.

Tetapi, aturan tersebut hanya ditujukan bagi para jamaah yang sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Al-Muhaimid menambahkan, bahwa pengunjung Masjid Suci akan tetap diwajibkan memakai masker, dan melakukan reservasi, untuk melakukan Umrah dan shalat melalui aplikasi 'Tawakkalna' dan 'Eatmarna'.

Para pekerja di Masjidil Haram pada Sabtu (16/10) malam, terlihat melepas stiker bergambar kaki, yang selama ini dipakai sebagai tanda untuk menjaga jarak sosial. Dengan dilepaskannya tanda tersebut, itu artinya, menjaga jarak sosial telah berakhir di Masjidil Haram. 

Mulai hari ini, Minggu (17/10), jarak sosial tidak lagi wajib di pertemuan sosial atau di tempat umum, termasuk di transportasi umum dan di restoran, bioskop, serta mall.

Sedangkan memakai masker, tidak lagi wajib di luar ruangan, kecuali untuk lokasi tertentu, termasuk di dua Masjid Suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, seperti dilansir dari ArabNews. [mt]


Komentar Pembaca