Sayang Sekali..Begini, Nasib Politisi Ulung Alex Noerdin dan Putranya

POLKAM  MINGGU, 17 OKTOBER 2021 | 07:40 WIB | Rosy Idah

 Sayang Sekali..Begini, Nasib Politisi Ulung Alex Noerdin dan Putranya

Masyarakat terkejut saat birokrat sekaligus politisi ulung Ir H Alex Noerdin SH ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan bulan lalu. Belum reda keterkejutan itu, Jumat (15/10/2021), putranya Dr H Dodi Reza Alex terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ya. Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin sukses mengikuti karir ayahandanya di bidang politik. Sarjana lulusan luar negeri ini yang lalu memperoleh gelar Doktor dari Universitas Padjadjaran ini memutuskan ke dunia politik pada 2009.

Berbeda dengan sang ayah. Alex Noerdin awalnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang lalu mengakiri karir birokratnya sebagai Sekda Kabupaten Muba, Dodi mengawali karir sebagai pengusaha. Dia merupakan salah satu pengusaha muda sukses.

Terjun ke politik, Dodi mengikuti jejak sang ayah sebagai Anggota DPD I Partai Golkar Sumatera selatan. Ia pun sukses melenggang ke Senayan jadi Anggota DPR RI Asal Sumatera Selatan Periode  2009-2014.

Pada Pemilu 2014, ia kembali terpilih jadi Anggota DPR RI Periode 2014-2019. Namun Dodi memilih mundur dari jabatan itu pada 2016, karena mencalonkan di Pilkada Kabupaten Muba 2016. Selanjutnya ia terpilih dan dilantik menjadi Bupati Muba Periode 2017-2021.

Baru beberapa bulan menjabat Bupati Muba, Dodi mengincar kursi Gubernur Sumatera Selatan yang akan ditinggalkan ayahandanya Alex Noerdin pada 2018. Dodi pun maju sebagai calon gubernur Sumatera Selatan berduet dengan H Giri Ramanda N Kiemas, Ketua DPRD Provinsi Sumsel saat itu.


Namun di Pilkada Provinsi Sumsel tersebut, Pasangan Dodi Reza Alex dan Giri Ramanda Kiemas kalah dari Pasangan H Herman Deru dan H Mawardi Yahya. Dodi pun kembali ke jabatannya semula, Bupati Muba.

Sementara itu H Alex Noerdin, yang ketika menjadi Sekda Muba lalu mencalonkan diri pada Pemilihan Bupati Muba. Saat itu Pemilihan Bupati masih dilakukan oleh DPRD Kabupaten Muba. Ia pun terpilih Jadi Bupati Muba dan berpasangan dengan HM Matsyurah. Pada Periode Kedua ia berpasangan dengan Alm Ir H Fahri.

Namun pada 2008, Alex memutuskan mencalonkan diri di Pilkada Provinsi Sumsel. Berpasangan dengan H Eddy Yusuf SH, Alex terpilih jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Periode 2008-2013.

Pada Pilkada Sumsel 2018, Alex berpasangan dengan Ir H Ishak Mekki yang keduanya dilantik jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Periode 2013-2018.

Lepas dari Jabatan Gubernur Sumsel, Alex tetap berkarir di Politik. Dia terpilih jadi Anggota DPR RI Asal Sumsel pada Pemilu 2019, dengan masa jabatan hingga 2024. Namun baru setahun lebih dijalaninya jabatan Anggota DPR RI, Alex harus ditahan.

Kini Alex dan Dodi sama-sama tersandung kasus korupsi, sehingga harus ditahan. Bedanya, Pak Alex ditangani oleh Kejaksaan Agung RI sedangkan kasus Dodi oleh KPK.

Alex Noerdin menjadi tersangka korupsi penjualan gas BUMD tersebut, Alex Noerdin juga menjadi tersangka kasus gratifikasi Pembangunan Masjid Raya Sriwijaya Palembang.

Sementara, Sabtu (16/10/2021), Bupati Muba Dodi Reza Alex Nomer juga ditetapkan sebagai tersangka kasus suap gratifikasi 4 proyek di Dinas PUPR Kabupaten Muba.

KPK menahannya selama 20 hari ke depan guna penyelidikan. Dodi Reza Alex ditetapkan tersangka bersama dua aparatur sipil netgara (ASN), dan satu pihak kontraktor atau pemberi suap.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan Dodi bersama tiga tersangka lainnya ditahan selama 20 hari terhitung mulai 16 Oktober-4 November 2021 untuk keperluan penyidikan.

"Untuk keperluan penyidikan, tim penyidik melakukan upaya paksa penahanan kepada para tersangka untuk 20 hari pertama, DRA ditahan di Rutan KPK pada Kavling C1," kata Alexander di KPK kemarin.[ros]


Komentar Pembaca