Said Iqbal Bakal Daftarkan Partai Buruh ke Kemenkumham Kamis Besok

POLKAM  RABU, 13 OKTOBER 2021 | 19:45 WIB

Said Iqbal Bakal Daftarkan Partai Buruh ke Kemenkumham Kamis Besok

Presiden Partai Buruh Said Iqbal/Net

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal menyatakan pihaknya bakal mendaftarkan Mahkamah Partai Buruh ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) besok, Kamis (14/10).

Menurutnya, itu dilakukan sebagai pendahuluan sebelum susunan kepengurusan dan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Buruh periode 2021-2026 didaftarkan.

"Setelah kami berkonsultasi dengan Kemenkumham, yaitu Dirjen Administrasi Hukum Umum, ternyata didahului pendaftaran Mahkamah Partai. Jadi, besok kami akan mendaftarkan Mahkamah Partai dulu," ucap Said dalam konferensi pers secara daring, Rabu (13/10).

Dia menerangkan, Ketua Mahkamah Partai Buruh adalah Riden Hatam Azis, kemudian Wakil Ketua Mahkamah Partai Buruh ialah Ali Fahmi, dan Sekretaris Mahkamah Partai Buruh adalah James Simanjuntak.

Menurutnya, pendaftaran Mahkamah Partai harus dilakukan lebih dulu untuk bisa membuat keputusan bila terdapat konflik di internal Partai Buruh nantinya.

"Jadi yang didaftarkan Mahkamah Partai dulu, sehingga kalau ada konflik Mahkamah Partai yang menentukan keputusannya," ucap Said.

Pihaknya akan mendaftarkan akta notaris tentang susunan pengurus baru dan AD/ART setelah Kemenkumham mengesahkan Mahkamah Partai Buruh.

Ia pun berharap Menkumham Yasonna Laoly bisa mengesahkan seluruh kepengurusan dan AD/ART baru Partai Buruh dalam waktu yang tidak terlalu lama.

"Dari situ diperiksa Kemenkumham. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, Yasonna Laoly yang kami hormati dapat menandatangani surat keputusan yang baru tentang Partai Buruh hasil Kongres ke-IV, 4 sampai 5 Oktober 2021 yang lalu," ucap Said.

Diketahui, Said resmi ditunjuk menjadi Presiden Partai Buruh 2021-2026 dalam Kongres ke-4 Partai Buruh pada 5 Oktober 2021 silam.

Said menyatakan berambisi membawa Partai Buruh masuk parlemen lewat Pemilu 2024 dan menjadi partai penguasa.

"Saya hanya ingin kami yang ada di Partai Buruh ini berikhtiar, selebihnya biar tuhan yang memutuskan. Kami yakin bila lolos verifikasi, maka 15-20 kursi (DPR) akan kami raih," kata Iqbal dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (8/10).[tyo]


Komentar Pembaca