Membanggakan, Telkom-Freeport Hadirkan 5G Mining Pertama di ASEAN

EKONOMI  SELASA, 12 OKTOBER 2021 | 19:30 WIB

Membanggakan, Telkom-Freeport Hadirkan 5G Mining Pertama di ASEAN

Masya Allah. Rupanya Indonesia telah memiliki tambang pintar yang disebut 5G Mining, hasil kerjasama Telkom Group dan PT Freeport Indonesia. Untuk peresminan 5G Mining pertama di regional Associated South East Asian Nations (ASEAN) ini, Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Erick Thohir meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukannya.

Dikatakan Menteri Erick, 5G Mining ini Insya Allah diresmikan 6 bulan lagi yaitu tahun 2022.

“Sesuai transformasi yang terjadi di dunia mengenai industri 4.0, kami berencana 6 bulan lagi, akan meresmikan 5G mining. Ini yang pertama di Asia Tenggara, hasil kerja sama Freeport dan Telkom Group. Kami mengharapkan Bapak Presiden bisa hadir di Freeport untuk menyaksikan persemian 5G mining ini,” kata Erick Thohir saat mendampingi Presiden  meresmikan Groundbreaking Smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, kemarin.

Menurut Erick, 5G Mining dibangun untuk menjaga keamanan operasional, karena memang tambang yang dilakukan itu tambang dalam. Sehingga penting sekali memberikan proteksi bagi tenaga kerja yang bekerja di dalam tambang.

“5G mining ini ada istilahnya meningkatkan konektivitas dari integrasi daripada hyper connect Network,” kata dia..

Direncanakan juga, lanjut Erick, 5G mining ini akan dilengkapi dengan kecanggihan otonom atau mobil dengan kendali otomatis. Termasuk juga bagi truk-truk besar yang biasa dioperasikan dalam area pertambangan.

“Persiapan ini kita coba maksimalkan antara Freeport dan PT Telkom. Kepada bapak presiden, terima kasih atas kesempatan yang terus didorong bapak presiden dalam distribusi transformasi yang dilakukan pada BUMN sendiri di era disrupsi ini,” demikian Menteri Erick.[ros]


Komentar Pembaca