Alangkah Mudah dan Praktisnya Investasi E-Mas di BSI

Ekonomi Syariah  MINGGU, 10 OKTOBER 2021 | 15:40 WIB

Alangkah Mudah dan Praktisnya Investasi E-Mas di BSI

Alhamdulillah sejak Februari 2021, Umat Muslim Indonesia bisa bertransaksi di bank syariah milik pemerintah, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang merupakan penggabungan Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS), Bank Syariah Mandiri (BSM), dan BNI Syariah (BRIS).

Dengan merger ketiga bank tersebut, produk-produk unggulan mereka terus dilanjutkan di BSI. Salah satunya adalah Tabungan Emas dan Gadai Emas yang sudah dikenal di BSM dulu. Kini BSI memiliki produk Tabungan e-Mas dan Gadai Emas.

Dikutip dari laman resmi BSI, Minggu (10/10/2021), Tabungan e-Mas dan Gadai Emas adalah layanan kepemilikan emas melalui BSI Mobile dengan pembelian emas mulai dari Rp 50.000.

Dengan Tabungan Emas BSI, nasabah bisa beli, jual, transfer, serta tarik fisik emas dan gadai emas online dengan mudah dan aman tanpa perlu datang ke cabang. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Produk ini berlaku bagi para nasabah BSI yang telah memiliki rekening tabungan rupiah (Tabungan Mudharabah atau Tabungan Wadiah) serta telah aktivasi BSI Mobile.

Keunggulan menabung emas di BSI, Produk ini merupakan salah satu bentuk investasi emas yang terjangkau.  Nasabah bisa menabung dalam bentuk emas mulai dari Rp 50.000. Selain itu, prosesnya tergolong mudah dan murah. Nasabah tanpa repot ke gerai/toko emas, cukup melalui BSI Mobile, tanpa biaya transfer dan virtual account. Yang terpenting adalah nyaman dan aman.

Artinya, nasabah tidak repot menyimpan emasnya sendiri, dititipkan di lembaga yang terpercaya dan sesuai syariah.

Berikut keunggulan BSI Tabungan E-Mas selengkapnya:
Nasabah dapat memiliki rekening tempat menyimpan emas yang dapat di top-up, ditarik dan ditransfer cukup dari BSI Mobile.
Solusi untuk melindungi nilai tabungan nasabah.
Nasabah yang telah mempunyai emas di rekening e-mas tersebut, dapat memberikan emasnya kepada orang lain dengan cara transfer antar rekening e-mas secara real time.

Tarif dan biaya tabungan emas BSI:
Biaya admin rekening emas Rp 24.000/tahun (dibayarkan di awal).
Biaya tarik fisik emas sesuai dengan pecahan dan keping yang dipilih nasabah.
Biaya penutupan rekening Rp 20.000.
PPH Pasal 22 untuk setiap transaksi beli emas sebesar 0,45 persen bagi nasabah dengan NPWP yang telah terverifikasi dan 0,9 persen bagi nasabah dengan NPWP yang belum terverifikasi.
PPH Pasal 22 untuk transaksi jual emas dengan hasil penjualan melebihi Rp 10 juta sebesar 1,5 persen untuk nasabah dengan NPWP telah terverifikasi dan 3 persen untuk nasabah dengan NPWP belum terverifikasi.

Cara pengajuan tabungan emas BSI
Cara menabung emas di BSI Mobile cukup mudah, hanya perlu buka rekening emas melalui BSI Mobile dan lakukan setoran awal pembukaan rekening emas. Selanjutnya dapat melakukan transaksi beli, jual, transfer, dan tarik fisik emas.

 Lebih lanjut, sebelum lebih jauh membahas cara menabung emasi di BSI Mobile, Anda perlu menyiapkan smartphone terlebih dahulu. Pastikan memori ponsel Anda cukup untuk memasang aplikasi BSI Mobile, jangan lupa aktifkan koneksi internet dan siapkan juga saldo untuk pembelian emas pertama minimal 0,1 gram atau setara Rp 100.000.

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan sebagai bagian dari cara menabung emas di BSI Mobile adalah dengan menginstal aplikasi BSI Mobile. Anda yang menggunakan perangkat Android dapat langsung menuju Google Play Store, lalu ketik BSI Mobile di tab search. Pemilik iOS dapat pula mendapatkan aplikasi ini di App Store dengan keyword BSI Mobile.

Cara menabung emas di BSI Mobile selanjutnya adalah dengan membuka aplikasi tersebut, kemudian pilih menu “e-mas” yang ada di laman depan aplikasi.

Klik menu tersebut lalu Kamu akan dihadapkan pada dua opsi.

Pilih “e-mas” jika ingin melakukan pembelian untuk pertama kali.

Aplikasi BSI Mobile akan segera memproses perintah Anda, kemudian menampilkan beberapa informasi yang perlu diketahui.

Pada tahap cara menabung emas di BSI Mobile selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membaca dengan teliti info yang diberikan.

Anda diwajibkan membaca syarat dan ketentuan menggunakan layanan “e-mas” dari BSI. Bacalah dengan teliti agar tidak terjadi kesalahpahaman di masa depan.

Jika sudah membaca, centang kolom pernyataan persetujuan yang telah disediakan.

Jangan lupa isi NPWP. Anda akan diminta untuk memasukkan nomer NPWP ketika mendaftar tabungan emas di BSI Mobile. Sebenarnya, Anda tetap boleh mengosongkan nomor NPWP ketika daftar tabungan emas BSI, namun nanti potongan PPH harga beli emas pasti lebih mahal dibandingkan yang sudah mengisi NPWP.
Jika sudah begitu, cara nabung emas di BSI Mobile sudah hampir selesai, sebab Anda hanya perlu menyelesaikan transaksi pertama. Di sini akan disediakan dua pilihan pembelian emas untukmu, yaitu berdasarkan nominal dan berat emas.

Anda sendiri yang memilih nominal bisa memiliki emas pertama di BSI Mobile dengan pembelian minimal 0,1 gram atau setara Rp 100.000.

Untuk pembelian selanjutnya Anda bisa lakukan dengan minimum 0,05 gram atau setara Rp 50.000 dan maksimal di angka Rp 100 juta setiap harinya.

BSI Mobile selanjutnya akan mengarahkan Anda untuk memilih rekening pembayaran setoran awal, plus autodebet biaya sewa tahunan yang harus dibayarkan. Centang kolom persetujuan lalu tunggu beberapa waktu, voila transaksi berhasil dan Anda sudah memiliki emas digital yang bisa dicek langsung di aplikasi BSI Mobile.[ros]


Komentar Pembaca