Gerindera Menilai Hak Interpelasi Formula E Disinyalir Bermuatan Politik

NASIONAL  SELASA, 28 SEPTEMBER 2021 | 11:10 WIB | Aldi Rinaldi

Gerindera Menilai Hak Interpelasi Formula E Disinyalir Bermuatan Politik

Net

Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta menilai, langkah PSI dan PDIP dalam menggulirkan hak interpelasi Formula E disinyalir bermuatan politik, bukan murni meminta penjelasan Gubernur Anies Baswedan perihal ajang mobil balap bertenaga energi listrik tersebut.

"Bisa dilihat interpelasi ini adalah nafsu politik, bukan terkait hanya sekadar hak bertanya," kata Ketua Fraksi Gerindra Rani Mauliani di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (27/9).

Dalam hal ini, Rani menilai, rapat Badan Musyawarah (Bamus) DKI yang menyelipkan agenda penetapan jadwal interpelasi Formula E pada Selasa (28/9), menyalahi tata tertib (tatib) DPRD. Pasalnya, agenda pembahasan Formula E tidak ada dalam undangan Bamus DPRD DKI.

Terlebih, kata dia, Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi telah mengetuk palu jadwal interpelasi dan tidak ada undangan yang menyertakan tanda tangan dari empat Wakil Ketua DPRD DKI.

Diketahui, berdasarkan peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib (Tatib), pada pasal 80 ayat 3 Tatib DPRD DKI tertera dengan jelas bahwa surat atau undangan keluar wajib ditandatangani Ketua DPRD DKI Jakarta dan setidaknya mendapat paraf dua Wakil Ketua DPRD DKI.

Atas menyalahi aturan tatib DPRD itu, lanjut Rani, 7 Fraksi DPRD yakni (Gerindra, Golkar, Nasdem, PPP-PKB, PAN, PKS dan Demokrat) berencana melaporkan pimpinan ke Badan Kehormatan (BK).

"Jadi hari ini bisa dibilang, jika besok itu paripurna ilegal untuk melaporkan ini ke BK (Badan Kehormatan DPRD)," tuturnya.

Lanjut, Rani pun menerangkan, jika sejak awal 7 Fraksi DPRD DKI tidak pernah menjegal atau menghalangi PSI dan PDI Perjuangan menggunakan hak Interpelasi Formula E. Tapi, kata Rani, semua proses harus sesuai aturan dan tidak menabrak mekanisme yang ada.

"Tapi minimal perlu ada mekanisme yang baik dan mekanisme sesuai aturan," tandas Rani. [Irm]


Komentar Pembaca