Anies Diinterpelasi Besok, Fraksi PKS Berang..

POLKAM  SENIN, 27 SEPTEMBER 2021 | 18:40 WIB | Aldi Rinaldi

Anies Diinterpelasi Besok, Fraksi PKS Berang..

Sejumlah Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta menyebut, keputusan Rapat Hak Interpelasi Formula E yang akan diselenggarakan besok, Selasa (28/9/2021), membuat bingung.

Sebab agenda Badan Musyawarah (Bamus) hari ini yang membahas soal rencana rapat Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun 2021, ujuk-ujuk menyinggung soal hak interpelasi.

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Achmad Yani mengaku kaget ketika pimpinan dewan Prasetyo Edi Marsudi memutuskan, rapat interpelasi Formula E Selasa besok berdasarkan rapat Bamus.

"Jadi ternyata di rapat Bamus itu, ada peserta Bamus mengusulkan jadwal paripurna interpelasi dan main diketok (disetujui) saja oleh ketua. Harusnya, kalau enggak ada (dijadwal), itu enggak bisa diputuskan," kata Yani saat dikonfirmasi awak media, Senin (27/9/2021).

Yani menilai, agenda paripurna interpelasi Formula E yang akan digelar besok menyalahi aturan. Pasalnya, Dalam rapat Bamus yang dibuat undangan oleh ketua itu, tidak ada agenda menentukan jadwal paripurna interpelasi.

"Berarti kalau memang muncul (soal interpelasi), itu berarti menyalahi tata tertib," ujarnya.

Usulan jadwal paripurna interpelasi, kata Yani, harus dibuat ulang melalui rapat Bamus. Karena setiap anggota Bamus bakal mendapat surat undangan dari Ketua DPRD DKI yang tentunya telah disepakati empat wakilnya.

"Jadi (sudah diputuskan bersama) secara kolektif kolegial (oleh pimpinan dewan)," imbuhnya.

Terkait hal ini, Yani menyatakan, undangan paripurna interpelasi Formula E juga belum tentu diterbitkan. Setelah dirapatkan dalam Bamus, undangan rapat paripurna harus disetujui oleh tiga pimpinan DPRD DKI Jakarta.

"Selain disetujui ketua, minimal ada dua wakil ketua yang tanda tangan. Jadi, kalau dua wakil enggak tanda tangan ya enggak bisa digelar," terangnya.

Sebelumnya diketahui, pada Senin (27/9) pagi tadi sejumlah anggota DPRD DKI menggelar rapat Badan Busyawarah (Bamus) terkait Formula E.

Dalam Bamus tersebut diputuskan, bahwa pada Selasa (28/9) legislator Kebon Sirih melaksanakan rapat paripurna (rapur) tentang hak interpelasi Formula E kepada Gubernur Anies Baswedan.

Agenda rapur interpelasi Formula E ini direncanakan akan berlangsung pada pukul 10.00 WIB.

"28 (September) besok paripurna (hak interpelasi Formula E)," ujar Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Berdasarkan Peraturan DPRD DKI Jakarta Nomor 1 tahun 2014 tentang Tata Tertib (Tatib) DPRD DKI Jakarta, hak interpelasi dapat digulirkan minimal diajukan oleh 15 orang dan dua fraksi.

Sementara pada interpelasi kali ini, tercatat ada 33 anggota dewan dari dua fraksi yang mengajukan hak itu. Sebanyak 33 anggota dewan itu berasal dari Fraksi PDI Perjuangan.[ros]


Komentar Pembaca