5 Tips Membeli Produk Pembersih Lantai

Opini  SENIN, 20 SEPTEMBER 2021 | 17:44 WIB

5 Tips Membeli Produk Pembersih Lantai

Foto ilustrasi/net

Melihat lantai rumah yang bersih tentu akan membuat hati menjadi lebih tenang. Untuk bisa mendapatkan lantai yang kinclong atau bersih, maka And aharus melakukan pembersihan secara rutin. Membersihkan lantai harus menggunakan produk pembersih, tidak bisa hanya menggunakan air mengalir.

Ada banyak sekali produk pembersih lantai yang mengklaim dapat menghilangkan bakteri, kuman serta membuat lantai menjadi lebih bersih. Anda pasti kebingungan ingin membeli produk yang mana, sehingga perlu tahu bagaimana cara memilih produk pembersih lantai yang tepat. 

Berikut ini adalah cara memilih produk pembersih lantai yang cocokuntuk Anda. Simak penjelasannya dibawah ini. 

Sesuaikan Dengan Jenis Lantai

Jenis lantai pada setiap rumah tentu berbeda-beda. Bahkan, beberapa rumah terkadang memiliki jenis lantai yang berbeda di setiap ruangannya. Pertama, ketahui terlebih dahulu apa jenis lantai yang Anda miliki. Beberapa jenis lantai yang biasa digunakan dirumah adalah keramik, porselen, marmer, hingga kayu. 

Apabila Anda memiliki jenis lantai keramik atau porselen, maka hindari cairan pembersih dengan kandungan asam. Kandungan asam yang tinggi dapat mengikis lapisan glazur pada lantai. Jika Anda memiliki jenis lantai kayu, maka Anda harus menggunakan pembersih lantai khusus kayu. Contoh terakhir, bila Anda memiliki lantai marmer maka gunakan pembersih lantai khusus lantai marmer. 

Gunakan Produk dengan Daya Bersih Kuat Pada Bagian Tertentu

Dapur dan kamar mandi adalah dua ruangan di rumah yang paling mudah terkena kotoran. Untuk lantai pada bagian dapur dan kamar mandi, sebaiknya Anda memilih produk dengan daya pembersih yang kuat. Hal ini disebabkan karena kamar mandi sering terkena sisa sabun sementara dapur kerap terkena sisa hasil masakan. Gunakan pembersih lantai dengan daya bersih yang kuat agar noda-noda yang tertempel pada lantai bisa hilang dengan mudah. 

Pilih Aroma yang Disuka

Anda harus merasa betah berlama-lama di rumah Anda sendiri. Untuk itu, pilihlah pembersih lantai yang memiliki aroma sesuai dengan kesukaan Anda. Saat ini, banyak sekali produk pembersih lantai yang mengeluarkan berbagai varian aroma, mulai dari aroma buah hingga bunga. Jangan memaksakan diri untuk menggunakan aroma khas disinfektan karena bagi beberapa orang hal tersebut kurang nyaman untuk dilakukan.
 
Pilih Pembersih Lantai dengan Kandungan Antibakteri atau Disifektan

Anda tidak hanya harus menjaga lantai tetap wangi tetapi juga harus bersih, apalagi bila Anda tinggal bersama anak-anak usia balita. Untuk menghindari agar lantai tidak menjadi sarang bakteri dan kuman, ada baiknya Anda menggunakan pembersih lantai dengan kandungan disinfektan dan antibakteri. Hal ini akan membuat Anda tenang karena lantai bebas kuman dan bersih. 

Ada banyak sekali produk dengan kandungan seperti ini, Anda hanya perlu teliti dengan mengecek satu persatu di bagian belakangnya. 

Tidak Terkecoh Harga

Harga yang murah kerap membuat beberapa orang merasa lengah dan tergiur untuk membeli. Anda harus perhatikan kembali apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Apa bila tidak, sebaiknya sisihkan uang untuk membeli produk pembersih lantai yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetapi bila dengan produk yang terjangkau Anda bisa mendapatkan produk yang baik dan sesuai dengan kebutuhan, maka Anda tidak perlu ragu untuk membelinya. 

Anda bisa memperhatikan dan menerapkan aspek-aspek serta tips di atas sebelum membeli sebuah produk pembersih lantai. Jangan asal memilih hanya karena aroma atau harganya yang menarik hati, tetapi juga perhatikan hal-hal lainnya. Selamat berbelanja.[net/fah] 


Komentar Pembaca