Waspada! Cuaca Ekstrim Diperkirakan Melanda 23 Wilayah

NASIONAL  JUMAT, 17 SEPTEMBER 2021 | 18:15 WIB | Aldi Rinaldi

Waspada! Cuaca Ekstrim Diperkirakan Melanda 23 Wilayah

Net

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrim dengan curah hujan sedang hingga lebat. Diperkirakan terjadi di 23 wilayah di Tanah Air pada Jumat (17/9).

Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir, guntur dan peningkatan angin kencang.

"Waspada juga adanya tingginya suhu udara yang berpotensi kebakaran hutan dan lahan," demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Peringatan dini BMKG untuk hari ini yakni ada di kawasan Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Cuaca serupa juga berpotensi di Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 20 derajat hingga 34 derajat celsius dengan kelembapan udara 50 - 100 persen. Terdapat sistem tekanan rendah 1010 hPa di Samudra Pasifik timur Filipina.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dominan bergerak dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot.

Sedangkan, di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur hingga selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Enggano hingga barat Lampung, Perairan selatan Banten, Perairan Kepulauan Sermata hingga hingga Kepulauan Aru, Laut Banda, Kepulauan Sitaro hingga Kepulauan Talaud, Laut Maluku, Perairan Utara Biak hingga Jayapura, Laut Arafuru, dan Perairan Yos Sudarso.

Waspada juga tinggi gelombang 4 hingga 6 meter (sangat tinggi) yang berpeluang terjadi di Perairan barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano hingga Bengkulu, Perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung.

Waspada juga di Selat Sunda bagian barat dan selatan, Perairan selatan Banten hingga Lombok, dan Samudra Hindia selatan Jawa hingga Lombok.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," demikian peringatan BMKG untuk wilayah pesisir di Indonesia.

Selain itu, BMKG juga memprediksi pada Jumat (17/9) ini wilayah DKI Jakarta cerah berawan hingga hujan sedang. Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, pada pagi hari, semua wilayah di Jakarta cerah berawan.

Pada siang hari, sebagian besar wilayah Jakarta masih tetap cerah berawan kecuali Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang akan diguyur hujan dengan intensitas sedang, sementara Jakarta Barat hujan ringan.

Memasuki malam hari hujan ringan terjadi di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. Jakarta Timur berawan. Namun Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu cerah berawan. Pada dini hari semuanya menjadi cerah berawan.

Pada hari ini, BMKG mencatat suhu udara wilayah DKI Jakarta berkisar antara 24 derajat hingga 33 derajat celsius. Adapun kelembapan udara berkisar antara 65 sampai 95 persen.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hari," demikian peringatan cuaca dari BMKG untuk wilayah Jakarta.

Sementara penyangga Ibu Kota yakni di Bekasi, Depok dan Kota Bogor di Jawa Barat pada pagi hari cerah berawan. Pada siang ketiganya bercuaca berawan hingga hujan ringan dan ini berlanjut hingga malam hari.

Di Kota Tangerang, Banten mengawali pagi hari dengan cuaca cerah berawan hingga berawan. Pada siang hari cuaca berawan hingga hujan ringan. Pada malam hari cuaca berawan dan berlanjut hingga dini hari. [Irm]


Komentar Pembaca