Baca Al Insyirah..Bahagia dan Banyak Rezeki

Kajian  KAMIS, 16 SEPTEMBER 2021 | 23:40 WIB | Rosy Idah

Baca Al Insyirah..Bahagia dan Banyak Rezeki

Dalam satu pengajian di Ma'had Izuddin Palembang, Sumatera Selatan, beberapa tahun lalu, Ustaz KH Karim Umar Lc ditanya jamaah; Amalan apa yang sebaiknya dilakukan saat seseorang sedang dirundung musibah.

Ustaz Umar menjawab, "Perbanyak Istighfar."

Lalu, kata beliau, banyak-banyak membaca Surah Al Insyirah agar mendapat ketenangan dan dada terasa lapang. Beban jadi ringan.

"Melazimkan membaca Surah Al Insyirah ini tidak hanya bagi orang yang sedang mengalami musibah," tandas ustaz Pondok Pesantren di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, ini.

Kalau dibaca dari Asbabun Nuzul Surah Ke-94 Kitab Suci Al Quran ini, sesuai yang diriwayatkan Ibnu Jarir, Surah Al Insyirah turun terkait perjalanan dakwah Nabi Muhammad Rasulullah SAW di Makkah.

Saat itu  Rasulullah menghadapi kesulitan besar akibat tekanan dari kaum kafir Quraisy. Oleh Allah SWT, Surah Al Insyirah diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW untuk menyemangati beliau agar tetap teguh dalam berdakwah.

Keutamaan Membaca Surah Al-Insyirah
Dalam Kitab Khazinatul Asror, Syaikh Muhammad Haqqi An-Nazili mengungkapkan bahwa ada beberapa keutamaan membaca Surah Al-Insyirah :

1.Setelah Shalat Fardhu
Membaca Surah Al Insyirah setelah Shalat Fardhu lima waktu dapat memudahkan segala urusan, menghilangkan kesedihan dan mendatangkan rezeki dari jalan yang tidak diduga. Selain itu dapat menghilangkan rasa malas dalam beribadah dan menumbuhkan semangat dan optimisme dalam berusaha dan bekerja.

ن داوم على قراءتها دبر الصلوات الخمس يسر الله أمره وفرج همه ورزقه من حيث لا يحتسب

Artinya: "Barangsiapa membaca Al-Insyirah secara rutin setiap selesai shalat wajib, maka Allah akan memudahkan urusannya, menghilangkan kesusahannya dan Allah memberinya rezeki tanpa diduga-duga."

2.Membaca Surah Al-Insyirah seperti mendatangi Rasulullah صلى الله عليه وسلم dalam keadaan susah sehingga Rasulullah menjadi gembira. Sebagian ulama berkata bahwa membaca Surah Al-Insyirah dapat melapangkan dada, menghilangkan kesulitan dalam segala perkara, memperbaiki orang yang malas dalam beribadah dan bekerja.[ros]


Komentar Pembaca