Fadli Zon: Pemerintah Gagal Selesaikan Masalah Lapas

POLKAM  KAMIS, 16 SEPTEMBER 2021 | 10:10 WIB | Aldi Rinaldi

Fadli Zon: Pemerintah Gagal Selesaikan Masalah Lapas

Fadli Zon Gerindra/Net

Kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang yang menewaskan 45 narapidana dan puluhan napi lainnya, dinilai tidak terlepas dari kegagalan Pemerintah.

Anggota DPR RI Fadli Zon mengatakan, masalah kapasitas Lapas yang melebihi batas tampung sudah menjadi masalah klasik di Indonesia selama ini, dan Pemerintah masih saja membiarkan hal tersebut. 

“Kapasitas lapas yg lampaui batas tampung adlh masalah klasik dari waktu ke waktu. Ternyata tak ada perbaikan,” kata Fadli Zon di akun twitternya, Rabu (15/9).

Menurut politisi Partai Gerindra ini, kebakaran Lapas Kelas I Tangerang ini adalah kegagalan Pemerintah dalam melindungi warga negara yang menjadi penghuni Lapas. 

“Pemerintah gagal selesaikan soal ini baik secara sistemik maupun fisik. 41 napi warga RI wajib dilindungi tumpah darahnya. Menkumham harus tanggung jawab,” jelasnya.

Sebelumnya, dugaan sementara kebakaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang pada tanggal 8 September 2021 itu berasal dari handpone milik salah satu tahanan.[tyo]


Komentar Pembaca