Pengukuhan Forum Ukhuwah Ulama Umaro Sumatera Selatan

Herman Deru Menyebut Sekaya Apapun Negeri Tidak Akan Maju Tanpa Ukhuwah

Tentang Sumsel  RABU, 15 SEPTEMBER 2021 | 14:15 WIB | Irmayani

Herman Deru Menyebut Sekaya Apapun Negeri Tidak Akan Maju Tanpa Ukhuwah

Pengukuhan Forum Ukhuwah Ulama Umaroh Sumatera Selatan di Griya Agung / net

Ulama dan umaro adalah pondasi pembangunan yang tidak bisa dipisahkan untuk berkolaborasi dalam membina dan membimbing umat yang dipimpin ulama dan rakyat yang dipimpin umaro.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru menjelaskan kedua elemen antara ulama dan umaro harus betul-betul bisa hadir di tengah rakyat dan umat. Tidak ada cerita pembangunan suatu daerah akan berjalan baik jika tanpa ukhuwah. Hal tersebut dijelaskanya saat Pengukuhan Forum Ukhuwah Ulama Umaro Sumatera Selatan (FU3SS) di Griya Agung, Rabu (15/9).

"Sekaya apapun negeri tanpa ukhuwah maka tidak akan maju, sehingga dengan adanya FU3SS ini adalah panggilan amanat yang amat berat untuk menjaga ukhuwah antar sesama muslim," katanya.

Tugas pokok fungsi seorang pemimpin baik ulama dan umaro adalah membimbing dan mengedukasi masyarakat. Hanya saja, hal itu tidak mudah dan sederhana sehingga harus penuh kesabaran dalam membina umat.

Dia menegaskan kemitraan forum ini akan menjalar ke seluruh penjuruh Sumsel melalui sistem yang sudah ada dengan tantangan yang akan ditemukan di lapangan. Namun, dengan adanya forum ini tidak berati mengesampingkan organisasi agama lain. "Karena kita negara pancasila dan semua organisasi tujuannya adalah untuk memperkokoh pembangunan Sumsel," tambahnya.

Ketua Harian FU3SS, Ustadz Drs KH Solihin Hasibuan M. Pd. I mengatakan, ulama dan umaro memang harus berjalan bersama. Jika keduanya baik, maka manusia akan baik begitu juga sebaliknya. Atas pelantikan FU3SS ini pihaknya akan segera membuat program kerja dan akan membentuk forum di daerah kabupaten/kota di Sumsel.

"Semoga Sumsel dalam ridho dan berkah Allah SWT, mambangun bangsa dan jiwa. Nanti kita akan kelompokkan permasalah yang ada pada masyarakat untuk mengetahui target-target program kerja," tambahnya.

Ditambahkan  Sekertaris umum FU3SS, Habib Mahdi Syahab bahwa FU3SS ini untuk merajut ukhuwah sehingga harus berjalan bersama. "Seperti jaring laba-laba yang perlu dirawat dan Insha Allah melalui forum ini tujuan tersebut bisa terwujud," tambahnya. [irm]


Komentar Pembaca